PENGARUH NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP PENGEMBALIAN MODAL BANK PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (BRI), TBK. UNIT SELAJAMBE

Kurniawati, Heni (2009) PENGARUH NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP PENGEMBALIAN MODAL BANK PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (BRI), TBK. UNIT SELAJAMBE. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penyaluran kredit merupakan kegiatan usaha yang mendominasi pengalokasian dana bank. Setiap kredit memiliki resiko, karena dalam penyalurannya sering mengalami hambatan dalam hal pengembalian pinjaman dan menyebabkan bank mengalami Non Performing Loan (NPL). Di lain pihak bank tentunya menginginkan tingkat keuntungan yang maksimal dari hasil operasinya dan biasanya menggunakan rasio pengembalian modal (Return on Equity) untuk mengetahui perkembangan tingkat persentase profitabilitas yang dihasilkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan faktual mengenai Non Performing Loan (NPL) dan pengembalian modal bank dengan cara mengumpulkan data, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasi data dalam bentuk numeric (angka) agar bisa dihitung. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, korelasi pearson, koefisien determinasi dan uji t, maka dapat diketahui bahwa Non Performing Loan (NPL) mempunyai pengaruh terhadap pengembalian modal bank PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI), Tbk. Unit Selajambe. Dimana apabila NPL tinggi maka pengembalian modal bank menurun atau apabila NPL menurun maka pengembalian modal bank tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa NPL memiliki pengaruh terhadap pengembalian modal bank PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI), Tbk. Unit Selajambe. Karena, pengembalian modal bank akan tinggi apabila bank mampu mengatasi NPL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12535

Actions (login required)

View Item View Item