Habibilah, Dzikri (2016) Penerapan Data Mining Pada Penjualan Produk Di PT. Trimitra Tunas Sakti Wilayah Jawa Timur Menggunakan Metode Clustering. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
PT. Trimitra Tunas Sakti adalah sebuah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2006 merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan produk �� produk yang berasal dari Indosat, produk yang dijual seperti kartu perdana atau starter pack (SP), pulsa isi ulang elektronik dan voucher fisik. Untuk memasarkan produknya perusahaan memiliki agent retail outlet, yaitu bagian dari pemasaran yang melayani end user secara langsung, sehingga keberadaan dari agent retail outlet ini sangat penting untuk menentukan bagaimana strategi bisnis perusahaan. Dalam menentukan strategi bisnsis pihak marketing menganalisis secara manual data penjulan produk dalam kurun waktu satu minggu sekali dengan cara mengelompokan berdasarkan nominalnya, dengan banyaknya data penjualan maka pihak marketing kesulitan untuk melakukan analisis data penjualan tersebut, informasi yang dihasilkan dari hasil analisis tersebut tidak dapat dijadikan acuan untuk menentukan strategi bisnis, karena tidak memberikan gambaran penjualan dari masing �� masing produk, dan infromasi mengenai kebijakan yang diambill memerlukan waktu yang lama untuk sampai ke agent retail outlet sebagai pelaksana kebijakan tersebut. Maka dari itu diperlukan metode clustering untuk dapat memnfaatkan data penjualan yang sangat banyak tersebut, untuk mendapatkan suatu pengetahuan yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan strategi bisnis, dengan melihat penjualannya. Data mining adalah suatu metode yang digunakan untuk melihat pola atau se data yang berukuran besar, salah satu metode dalam data mining adalah metode clustering, yaitu suatu metode yang memisahkan data kedalam sejumlah cluster berdasarkan karaketeristiknya, algoritma yang dapat digunakan dalam teknik clustering adalah Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC), algortima ini akan mengukur kedekatan diantara dua cluster. Berdasarkan hasil pengujian dapat diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat membatnu pihak marketing dalam mengalisis data penjualan produk, metode clustering dapat memperbaiki pengelompokan yang sedang berjalan, dan dengan menggunakan sistem ini informasi kebijakan dapat tersampaikan dengan cepat kepada agent retail outlet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Data Mining, Clustering, Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC). |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:53 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:53 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15503 |
Actions (login required)
View Item |