Sistem Informasi Pelayanan Service Penjualan Dan Pembelian Sparepart Pada Hurip Jaya Motor Bandung

Jensei, Petrus (2016) Sistem Informasi Pelayanan Service Penjualan Dan Pembelian Sparepart Pada Hurip Jaya Motor Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hurip Jaya Motor adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pelayanan service dan penjualan sparepart. Permasalahan yang terjadi pada Hurip Jaya Motor yaitu belum tersedianya laporan, baik laporan penjualan sparepart maupun laporan pelayanan jasa service dan kegiatan seluruh pencatatan masih dalam bentuk sistem manual, seperti stok data sparepart dicatat pada buku dan transaksi pelayanannya baik transaksi penjualan dan pelayanan service dicatat secara manual dalam bentuk buku nota transaksi, sehingga terjadi penumpukan dokumen dan rentan dalam kehilangan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi. Desain penelitian yang digunakan yaitu dengan metode deskriptif dan action dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan wawancara, dan juga metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan ialah Prototype, dimana pengembangan sistem ini menggunakan pendekatan untuk membuat sesuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga dapat segera dievaluasi oleh pemakai (user). Serta pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan secara terstruktur, dengan alat bantu pemodelan berupa flowmap, context diagram (CD), data flow diagram (DFD) dan entity relationship diagram (ERD). Perangkat lunak yang digunakan adalah Java, Netbeans, MySQL, PhpMyAdmin, iReport dan dibantu dengan pengujian perangkat lunak menggunakan metode black box testing. Dari hasil penelitian ini, peneliti akan merancang sebuah sistem informasi yang dapat mengolah data pelayanannya seperti, pelayanan service, penjualan dan pembelian sparepart yang diharapkan dapat memudahkan dalam mengolah data. Saran peneliti untuk peneliti selanjutnya untuk mengembangkan sistem yang terdapat beberapa kekurangan yang belum dikembangkan peneliti sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, jasa service, penjualan dan pembelian sparepart
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16324

Actions (login required)

View Item View Item