Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pada Bengkel Indra Jaya Motor (IJM) Bandung

Ayulian, Deska (2012) Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pada Bengkel Indra Jaya Motor (IJM) Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bengkel Indra Jaya Motor (IJM) adalah suatu perusahaan yang melakukan perbaikan sepeda motor agar dapat kembali berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan pemilik atau bentuk asli dari sepeda motor tersebut. Dalam kegiatan seluruh transaksi pelayanannya seperti, jasa servis, penjualan suku cadang dan pembelian masih dicatat secara manual, stok barang pada bengkel ini dicatat pada buku besar dan tidak ada keterangan yang terperinci, sehingga sering terjadi kehilangan suku cadang, sedangkan laporan penjualan suku cadang atau pembelian seringkali terjadi ketidaksesuaian data yang diakibatkan data hilang atau rusak. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti bermaksud memecahkan masalah yang di hadapi di Bengkel Indra Jaya Motor (IJM). Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pelayanan pada bengkel Indra Jaya Motor ini adalah metode Prototype. Dimana metode Prototype merupakan metode yang dapat digunakan untuk menyambungkan ketidaksepahaman pelanggan mengenai hal teknis dan memperjelas spesifikasi kebutuhan yang diinginkan pelanggan kepada pengembang perangkat lunak. Dengan alat bantu yang digunakan yaitu UML, dimana UML merupakan bahasa visual untuk pemodelan bahasa berorientasi objek, metode desain pada langkah perancangan ini akan digambarkan dengan use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, Deployment diagram. Perangkat lunak yang digunakan adalah Java, Netbeans, MySQL, PhpMyAdmin,PDF. Dari hasil penelitian ini, peneliti akan merancang sebuah sistem informasi yang dapat mengolah data pelayanannya seperti, service motor, penjualan dan pembelian sukucadang yang diharapkan dapat memudahkan dalam mengolah data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, jasa service motor, penjualan dan pembelian suku cadang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:57
Last Modified: 16 Nov 2016 07:57
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19236

Actions (login required)

View Item View Item