Perancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada Nanamie Cake & Pastry

Sebastian, Yusan (2012) Perancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada Nanamie Cake & Pastry. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Nanamie Cake & Pastry merupakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang bergerak pada bidang kuliner berupa cake & pastry. Proses bisnis pada Nanamie Cake & Pastry meliputi pemesanan, pemasaran, dan pelayanan sehingga perusahaan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima terhadap para pelanggannya. Oleh karena itu, perlu adanya strategi bisnis yang dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen. Dengan pemanfaatan teknologi informasi perusahaan dapat menerapkan sistem Electronic-Customer Relationship Management (E-CRM). Tujuan implementasi E-CRM ini adalah untuk membantu perusahaan dalam memberikan pelayanan dan informasi terkait usaha perusahaan dalam mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan secara online. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan action. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah terstruktur dan metode pengembangannya menggunakan metode prototype. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Alat bantu yang digunakan yaitu Flowmap, Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), Kamus data dan Perancangan basis datanya menggunakan Normalisasi dan Tabel relasi. Proses perancangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasenya MYSQL, dengan tools Adobe Dreamweaver CS3 dan web server apache. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem E-CRM yang berbentuk sebuah website yang memiliki beberapa menu sesuai dengan kebutuhan strategi bisnis CRM. Website ini juga memiliki kelengkapan informasi yang cukup sehingga pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Dengan adanya perancangan aplikasi E-CRM ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi dan pelayanan kepada pelanggan yang saat ini masih terbatas, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pelanggan dan perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-CRM, web, Nanamie Cake & Pastry
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19860

Actions (login required)

View Item View Item