Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Kalas VIII Di SMPN 1 Binong

Patria Perkasa, Egha (2015) Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Kalas VIII Di SMPN 1 Binong. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

untuk dipelajari karena semua perilakunya dapat dengan mudah dipertemukan dengan peristiwa nyata. Tetapi Berdasarkan dari hasil wawancara dan hasil kuesioner yang telah dilakukan menyatakan Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran matematika karena proses pembelajaran hanya terpaku pada buku, sehingga minat belajar siswa menjadi kurang. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika yaitu 71. Sedangkan hasil dari proses pembelajaran menggunakan metode ceramah menunjukan 46% siswa masih memperoleh nilai di bawah (KKM) dengan rata �� rata nilai kelasnya 71. Sedangkan dilihat dari kebanyakan Siswa, mereka lebih menyukai proses belajar mengajar yang menarik dan interaktif (diskusi, penggunaan media-media, dll) karena lebih cepat memahami materi pelajaran. Pembangunan aplikasi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran matematika ini, tidak hanya pembelajaran berbasis komputer tapi suatu perangkat yang mampu memberikan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dengan konsep simulasi untuk siswa-siswi mengenai mata pelajaran matematika. Aplikasi ini dibangun menggunakan teknik pembangunan Metode Pengembangan Aplikasi Multimedia versi Luther (Sutopo). Setelah dibuatnya pembangunan aplikasi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran matematika, siswa diberikan soal pretest (sebelum menggunakan aplikasi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran matematika), soal posttest (setelah menggunakan aplikasi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran matematika) kuesioner dan wawancara. Menurut hasil dari pengujian tersebut, pembangunan aplikasi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran matematika, dapat meningkatkan nilai, minat dan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Pembelajaran, Interaktif, PBK, KKM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20773

Actions (login required)

View Item View Item