Analisis Jumlah Optimal Gardu Exit Gerbang Tol Pasir Koja Di PT Jasa Marga (Persero) TBK

Purnama Putra, Yosi (2016) Analisis Jumlah Optimal Gardu Exit Gerbang Tol Pasir Koja Di PT Jasa Marga (Persero) TBK. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Jasa Marga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bergerak dalam merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol. Standar panjang antrian minimal menurut PT Jasa Marga yaitu 100 meter. Antrian terjadi dipagi hari dan disiang hari menuju sore, hal ini terjadi dikarenakan tol Pasir Koja merupakan alternatif ketika pintu gerbang tol Kopo dan tol Buah Batu padat (macet). Dalam penelitian ini ingin menjawab pertanyaan bahwa berapakah rata-rata waktu kedatangan kendaraan di jalan tol, berapakah rata-rata waktu pelayanan di gardu exit tol Pasir Koja, berapakah rata-rata waktu pelayanan, berapakah rata-rata waktu kendaraan dalam sistem, berapakah jumlah gardu exit yang optimal. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ada beberapa langkah seperti mengumpulkan data jumlah lalu lintas dan waktu pelayanan, kemudian melakukan pengolahan data berupa membuat diagram entitas, menentukan operasi didalam sistem, menentukan distribusi waktu kedatangan dan waktu pelayanan, melakukan uji anova, dan merancang sistem atau membuat simulasi. Hasil dari simulasi menjelaskan bahwa distribusi kedatangan kendaraan yang terpilih yaitu distribusi normal dengan nilai rata-rata15600 dan nilai standar deviasi 1580. Sedangkan distribusi untuk waktu pelayanan adalah Triangular dengan nilai minimum 2.87, nilai modus 5.4, dan nilai maksimum 6.78. Untuk hasil optimisasi dengan cara membandingkan besaran utilitas menggunakan skenario 26%, 40%, 80%, dan 100% dengan besarnya utilitas aktual. Kesimpulan penelitan ini adalah menentukan jumlah gardu optimal pada shift 1 pukul 05:30 �� 14:30 maka usulan jumlah gardu optimal sebanyak 1 �� 2 gardu yang dibuka, sedangkan untuk shift 2 yang terjadi pada pukul 14:30 �� 21:30, maka usulan jumlah gardu optimal yang dibuka sebanyak 2, untuk shift 3 yaitu pada pukul 21:30 �� 05:30 usulan jumlah gardu optimal yang dibuka sebanyak 1 gardu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jumlah lalu lintas kendaraan, waktu transaksi pelayanan, gardu exit, simulasi, dan utilitas.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20985

Actions (login required)

View Item View Item