Ima Amalliyah, Mela (2011) Perancangan Media Informasi Buku Ensiklopedia Mengenai Visual Prangko Pada Masa Orde Baru (1966-1980). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Komunikasi secara tertulis sudah dikenal manusia pada saatbr / jaman kerajaan di Indonesia dalam bentuk sistem perposan yangbr / sederhana. Seiring dengan berjalan waktu, kegiatan sistem perposanbr / mengalami suatu kelemahan dalam sistem pembayaran. Hinggabr / dikenalnya prangko sebagai alat tanda bukti pembayaran.br / Prangko selain menjadi alat tanda bukti pembayaran jugabr / sebagai sarana pendidikan dan pelestarian sejarah. Bermacam corakbr / kebudayaan dan adat istiadat dari penjuru tanah air telah diabadikanbr / di atas prangko Indonesia. Prangko pun menjadi media pengenalanbr / seperti flora dan fauna.br / Seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan,br / kegiatan surat-menyurat mulai menghadapi peralihan dengan adanyabr / alat komunikasi yang semakin canggih yang berimbas pada eksistensibr / prangko. Keberadaan prangko semakin hari menjadi terlupakan.br / Padahal prangko merupakan bukti sejarah yang memberikan saranabr / pendidikan dan wawasan dimana dapat memberikan informasi danbr / pengetahuan.br / 2br / Era globalisasi membuat generasi muda lupa akan akarbr / budaya. Pengaruh budaya modernisasi mendominasi ruang lingkupbr / fikiran generasi penerus bangsa. Oleh sebab itu pelestarian bukti daribr / sebuah sejarah harus terus dijaga agar bukti sejarah seperti prangkobr / tidak terlupakan. Diperlukannya suatu media yang dapatbr / mendokumentasi dengan baik mengenai prangko dan visual prangko,br / karena minimnya informasi mengenai prangko dan visual prangkobr / untuk anak.br / Cara penyampaian informasi untuk anak salah satunya denganbr / membaca buku cerita dimana dengan membaca dapat memberikanbr / informasi, wawasan baru, daya imajinasi dan inspirasi terhadap anak.br / Cerita yang disampaikan memiliki nilai budaya, sejarah, ilmubr / pengetahuan dan sosial. Dimana nilai positif ini dapat memperkuatbr / informasi yang didapat oleh anak untuk wawasan danbr / pengetahuannya.br / Gambar yang diabadikan di atas prangko memiliki ceritabr / tersendiri dan menjadi menarik untuk dibahas dan dikembangkan.br / Prangko memiliki banyak keanekaragaman dalam tema dengan pesanbr / di dalamnya. Tema sejarah, budaya, flora, fauna, pariwisata dan ilmubr / pengetahuan dapat ditarik suatu pembelajaran anak untukbr / merangsang daya berfikir dalam berimajinasi dan berkreasi.br / Dengan demikian prangko sebagai wujud alur dokumentasibr / sejarah yang memiliki nilai dan keindahan yang diabadikan di atasbr / 3br / prangko, dapat terus dijaga kelestariannya. Prangko dapatbr / memberikan manfaat yang positif untuk anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media INformasi, Buku Ensiklopedia, Visual Prangko |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2011 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:00 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:00 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21201 |
Actions (login required)
View Item |