Komunikasi Interaksi Orang Tua Dan Guru Pada Anak Dalam Pembentukan Kepribadian Anak

Gozali, Juneanto (2011) Komunikasi Interaksi Orang Tua Dan Guru Pada Anak Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi interaksional antara orang tua dan guru pada anak di Bandung International School dalam pembentukan kepribadian anak. Untuk menjawab masalah di atas, peneliti mengangkat subfokus keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan untuk mengukur fokus penelitian.br / Pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah para orang tua dan guru yang ada di dalam lingkungan Bandung International School. Dan teknik sampling menggunakan purposive sampling sehingga diambillah informan penelitian yang terdiri dari 8 orang informan, yaitu 4 orang tua dan 4 guru. Informan kunci terdiri dari 7 orang, yaitu kepala sekolah, staff sekolah, 4 murid, dan sarjana psikolog. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, studi pustaka, dan pencarian melalui internet. Dan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta mengambil kesimpulan dan verifikasi.br / Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterbukaan, 2) Empati, 3) Dukungan, 4) Rasa positif, dan 5) Kesetaraan yang terjadi antara orang tua dan guru pada anak di Bandung International School sudah terlihat dan dapat dirasakan pada sebagian besar anak sehingga membentuk kepribadian anak yang terbuka, berempati, percaya diri, pendengar, dan kepribadian positif lainnya.br / Kesimpulan penelitian adalah: efektivitas komunikasi interaksional yang dilakukan antara orang tua dan guru pada anak dapat berdampak pada pembentukan kepribadian anak tersebut.br / Saran Penelitian adalah orang tua dan guru harus lebih memperhatikan komunikasi interaksional yang mereka lakukan kepada anak atau murid mereka. Hal ini bertujuan untuk membentuk kepribadian seorang anak yang dinginkan oleh para orang tua dan guru tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interaksi, Orangtua, Guru, Anak, Kepribadian Anak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21245

Actions (login required)

View Item View Item