Nabila, Balqis (2011) Perancangan Sekolah Inklusi Di Bandung Dengan Konsep Art Deco Retro. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah masih rendahnnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Laporan dari UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) tahun 2000 tentang Human Development Index(HDI), komposisi dari peringkat pencapaian dalam pendidikan, dilaporkan bahwa pada tahun 1999 Indonesia berada pada tingkat 109 dari 174 negara, tahun berikutnya keadaan kita lebih terpuruk lagi menjadi 114 dari 146 negara. Rendahnya HDI menunjukkan rendahnya daya saing bangsa di percaturan Global.br / Pendidikan nasional memiliki peranan yang sangat penting bagi warga negara. Pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh karena itu setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan. Seperti tercantum didalam Undang-undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 dan Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab III ayat 5 dinyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai kesempatan yang sama memperoleh pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa anak difabel berhak pula memperoleh kesempatan yang sama dengan anak lainnya (anak normal) dalam pendidikan.br / Pendidikan juga tidak mengenal pembatasan bentuk dan kegiatan, dalam hal ini pendidikan dapat dilakukan di sekolah, luar sekolah, pondok pesantren, perguruan-perguruan, dan lain sebagainya. Oleh karena pada tahun 2003 Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah mengupayakan berbagai model penyelenggaraan pendidikan, salah satunya adalah pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi lahir sebagai bentuk ketidakpuasan penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak difabel yang menggunakan sistem segregasi. Sistem segregasi adalah sistem penyelenggaraan sekolah yang membedakan antara sekolah reguler dan sekolah bagi anak-anakbr / difabel. Sistem segregasi dipandang tidak berhasil, sistem ini tidak dapat mempersiapkan anak-anak difabel untuk dapat hidup secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Preancangan Sekolah Inklusi, Art Deco Retro |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Interior > 2011 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Interior (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:00 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:00 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21542 |
Actions (login required)
View Item |