Pengaruh Rasio Hutang, Kepemilikan Saham Manajerial, Ukuran Perusahaan dan Set Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di BEI

Dwiyani Muchtar, Asri (2013) Pengaruh Rasio Hutang, Kepemilikan Saham Manajerial, Ukuran Perusahaan dan Set Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di BEI. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Rasio Hutang, Kepemilikan Saham Manajerial, Ukuran Perusahaan dan Set Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen dalam perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di BEI dan membagikan sahamnya pada pemegang saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis pengaruh rasio-rasio keuangan perusahaan Debt to Equity Ratio (DER), Managerial Ownership, Firm Size and Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dalam perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di BEI selama periode 2007-2011.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 5 periode laporan keuangan di peroleh dari 9 perusahaan yang terdaftar di BEI. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of siginificane 0,05 atau 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, ujimultikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan ujiautokorelasi.Dari hasil uji hipotesis dinyatakan bahwa variabel Rasio Hutang, Kepemilikan Saham Manajerial dan Set Kesempatan Investasi secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Sementara itu Ukuran Perusahaan menunjukan bahwa secara parsial berpengaruh positif terhadap Kebijakan Dividen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: RasioHutang (DER), Kepemilikan SahamManajerial (MO), Ukuran Perusahaan (SIZE), Set Kesempatan Investasi (IOS), Kebijakan Dividen (DPR)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25174

Actions (login required)

View Item View Item