Rahayu, Inekeu (2015) Kajian Narasi Pada Cerita Dan Pendekatan Semiotika Pada Karakter Film Animasi Frozen Produksi Disney Animation. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Disney mengangkat dongeng yang berjudul The Snow Queen karya Hans Christian Andersen kedalam film yang berjudul Frozen pada tahun 2013. Dalam film Frozen, Disney menyimpan beberapa pesan moral dalam film tersebut. Setelah melakukan observasi terhadap film tersebut yang menjadi fokus pesan adalah pesan persaudaraan yakni perselisihan saudara kandung (sibling rivalry) dalam hal ini adalah hubungan adik kakak. Disney menyampaikan pesan melalui karakter utamanya Anna dan Elsa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana karakter dalam narasi film Frozen bisa menggambarkan pesan persaudaraan tersebut/sibling rivaly ini yang diceritakan pada film Frozen. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis struktur narasi Nick Lacey dalam menganalisis cerita dan metode semiotika Charles Sanders Pierce dalam menganalisis karakter. Sehingga diketahui bahwa karakter dan narasinya itu satu sama lain mempengaruhi bagaimana penyampaian pesan dalam film tersebut. Narasi dan karakter adalah satu kesauan yang membangun cerita. Karakter Anna dan Elsa muncul sebagai representasi adik kakak dalam kehidupan manusia yang dimana sebagai wujud hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosialnya tak jarang adik kakak mengalami sibling rivalry ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Frozen, Karakter, Narasi, Sibling, Rivalry. |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2015 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:05 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:05 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25713 |
Actions (login required)
View Item |