Al Hadi, Nurul (2013) Aplikasi survey pelanggan PDAM Tirta Raharja Kab.Bandung berbasis mobile android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja Kabupaten Bandung adalah satu-satunya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mempunyai tugas memberikan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Bandung. PDAM Tirta Raharja memiliki lebih dari 73.000 data pelanggan yang dinilai sudah tidak akurat lagi. Hal ini disebabkan oleh mekanisme Balik Nama yang tidak dilakukan oleh pelanggan jika terjadi perubahan data kepemilikan, proses rekategori golongan tarif yang kekurangan bukti fisik serta adanya proses pemekaran wilayah. Kondisi data pelanggan seperti ini menimbulkan kesulitan melakukan komunikasi yang efektif dan akan mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu selain memperbaharui data pelanggan, PDAM juga perlu melakukan pengukuran tingkat pelayanan perusahaan agar perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Hal ini mendorong perusahaan untuk membangun sistem survey pelanggan. Aplikasi survey pelanggan yang dibangun berbasis mobile android sebagai front end agar mempemudah proses survey di lapangan. Hasil survey dapat diverifikasi dari server menggunakan sistem berbasis web sebagai back end.Pembangunan Aplikasi survey pada android menggunakan bahasa pemrograman java, metode analisis yang digunakan adalah pemodelan berorientasi objek dan alat yang digunakan UML (Unified Modeling Language), Sedangkan sistem back end survey ini sendiri menggunakan bahasa pemrograman php, metode analisis yang digunakan adalah metode aliran terstruktur dan alat yang digunakan yaitu Data Flow Diagram (DFD), Diagram Konteks, dan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk perancangan basis data. Pengembangan perangkat lunak pada kedua sistem ini menggunakan metode waterfall.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Aplikasi Survey Pelanggan ini dapat memudahkan petugas (surveyor) dalam melakukan pendataan data pelanggan, pendataan data tingkat pelayanan, memonitoring kegiatan survey, memudahkan cabang PDAM memperoleh bukti fisik untuk proses rekategori golongan tarif, dan menyajikan informasi tingkat kepuasan pelanggan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | android, PDAM, survey, pelanggan |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:06 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:06 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26309 |
Actions (login required)
View Item |