Pemodelan supply chain management menggunakan Scor Model untuk obat dan alat kesehatan

Teja Nugraha, Dadan (2014) Pemodelan supply chain management menggunakan Scor Model untuk obat dan alat kesehatan. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah Sakit Hasan Sadikin adalah salah satu rumah sakit pemerintah yang setiap harinya melayani pasien rawat jalan lebih kurang 2800 pasien dan rawat darurat lebih kurang 150 pasien serta mempunyai kapasitas tempat tidur rawat inap sebanyak 1124 tempat tidur dengan tingkat hunian sekitar 80%. Kondisi tersebut membuat manajemen RSHS lebih fokus pada pelayan pasien dan masalah medis daripada penunjang rumah sakit. Supply Chain Management (SCM) merupakan salah satu bisnis pendukung RSHS. Sistem persediaan obat dan alat kesehatan dengan pendekatan Fixed Time Period Model atau P-Model menghadapi beberapa masalah, yaitu: stok obat kosong (stock out), sistem pengelolaan database belum terintegrasi, resource aplikasi tidak dimiliki serta belum adanya kolaborasi dengan suplier. Untuk menjawab permasalahan tersebut dibutuhkan model SCM yang sesuai dengan kebutuhan RSHS. Pada penelitian ini digunakan metoda SCOR Model Versi 8.0 untuk membuat model SCM tersebut. Pada Level 1 (Top Level) dibuat cakupan dan isi dari SCM Obat dan Alat Kesehatan meliputi: perencanaan, pengadaan, pembuatan, penyampaian dan pengembalian dengan target kinerja SCM Reponsiveness. Pada Level 2 (Configuration Level) dimulai dari perencanaan obat dan alat kesehatan secara keseluruhan kemudiaan perencanaan di masing-masing gudang selanjutnya dilakukan proses penyiapan, pemeliharaan dan pengendalian agar proses perencanaan dan pelaksanaan saling terkait. Proses pada Level 2 dianalisis dengan Thread Diagram SCM. Level 3 (Process Element) merupakan dekomposisi pelaksanaan pada level 2. Pada Level 3 ini dijelaskan urutan kegiatan di masing-masing gudang mengikuti kode standar kegiatan SCOR Model. Hasil dari penelitian ini dibuat Model SCM Obat dan Alat Kesehatan di RSHS yang dapat dijadikan landasan perbaikan dan pengembangan untuk pengelolaan rantai pasokan di rumah sakit tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain Management (SCM), Supply Chain Operation Reference Model (SCOR Model), Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung (RSHS), Obat dan Alat Kesehatan
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26557

Actions (login required)

View Item View Item