Riawan Adhaningsih, Yuli (2014) Pembangunan aplikasi e-learning sebagai sarana pendukung pembelajaran di LKP Tarqi Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
LKP TARQI adalah lembaga kursus dan pelatihan dibawah naungan Yayasan TARQI (Tarbiyat Al Quran Al Islami) yang berfokus di bidang pembinaan Al Quran dan studi Islam. Sistem pembelajaran yang ada di LKP TARQI sudah berjalan cukup baik namun masih mempunyai beberapa masalah didalam proses pembelajaran, diantaranya waktu dan tempat yang terbatas, peserta belum dapat mengetahui pemahaman dan kemampuan terhadap materi dengan sempurna serta sulitnya pengajar dalam memantau pemahaman materi yang sudah diberikan kepada peserta didik. Berdasarkan permasalahan yang dijelaskan maka perlu dibangun suatu website e-learning sebagai solusinya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut.Metodologi pembangunan perangkat lunak menggunakan model RUP (Rational Unified Process), sedangkan untuk pemodelan data menggunakan model berorientasi objek dengan menggunakan use case diagram, scenario use case, activity diagram, sequence diagram, class diagram serta statechart diagram. Data hasil analisis selanjutnya diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework CodeIgniter serta menggunakan basis data MySQL.Setelah melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan, maka dalam pengimplementasian sistem e-learning ini memiliki tahap lanjut pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha dengan menggunakan metode pengujian black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak dan pengujian beta yaitu melakukan pengujian lapangan dengan memberikan kuesioner kepada peserta, pengajar, front office dan wawancara kepada bagian akademik. Hasil pengujian alpha dan beta dapat disimpulkan bahwa fungsionalitas pada sistem telah menghasilkan output yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Website e-learning pada LKP TARQI dapat memudahkan interaksi antara pengajar dengan peserta untuk berdiskusi mengenai materi, peserta dapat mengetahui pemahaman dan kemampuan melalui latihan yang dikerjakan serta memberikan kemudahan bagi pengajar untuk memantau pemahaman materi yang sudah diberikan kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Learning, RUP, CodeIgniter, Alpa, Beta |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:07 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:07 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26774 |
Actions (login required)
View Item |