Pembangunan Customer Relationship Management Di P-Trans

Ari Hidayatulloh, Dede (2016) Pembangunan Customer Relationship Management Di P-Trans. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

P-Trans adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi. Keadaan yang ada saat ini di P-Trans adalah pelanggan yang memiliki frekuensi transaksi banyak saja yang mendapatkan diskon. Sementara untuk pelanggan yang memiliki jumlah total pembelian yang besar diskon yang diberikan tidak berbeda. Hal tersebut membuat pelanggannya tidak melakukan transaksi lagi dengan p-trans. Selain itu, dalam menentukan rekomendasi jenis paket tour, ptrans mengambil dari jenis paket tour yang paling banyak dipesan oleh pelanggan. Masalahnya adalah dalam mencari jenis paket tour yang paling banyak diinginkan oleh pelanggan tidak mudah. Hal tersebut menyebabkan Ptrans kesulitan dalam menentukan jenis paket tour yang akan ditawarkan kepada pelanggan. Dengan menerapkan konsep CRM (Customer Relationship Management), perusahaan dapat mengidentifikasi pelanggan melalui segmentasi pelanggan. Tujuan dari proses segmentasi pelanggan adalah untuk mengetahui perilaku pelanggan dan menerapkan pelayanan yang tepat sehingga mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Model RFM merupakan model untuk menentukan segmentasi pelanggan berdasarkan recency, frequency, dan monetary. Yaitu teknik pengelompokan pelanggan berdasarkan transaksi terakhir, banyaknya transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan rata-rata total pembelian yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi yang dibangun telah mencapai tujuan yaitu membantu dalam menentukan diskon produk (tour dan shuttle) yang ditawarkan kepada pelanggan berdasarkan segmentasi pelanggan dan dalam menentukan jenis paket tour yang akan ditawarkan kepada pelanggan berdasarkan transaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diskon, Rekomendasi, Pelanggan, CRM, segmentasi, RFM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item