Pembangunan aplikasi magic card tokoh wayang golek berbasis augmented reality

Meiantiko Kurniadi, Dorota (2014) Pembangunan aplikasi magic card tokoh wayang golek berbasis augmented reality. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Wayang adalah budaya yang essensial bagi masyarakat Indonesia dan telah menjadi bagian dari warisan sejarah budaya bangsa. Setiap alur cerita, falsafah dan perwatakan tokohnya, sampai bentuk wayang mengandung makna yang sangat dalam dan memiliki pendidikan budi pekerti. Seiring perkembangan jaman, globalisasi, dan teknologi masyarakat Indonesia terutama generasi muda, semakin mengandalkan teknologi dan menganggap hal itu lebih menarik dibandingkan dengan mengenal dan melestarikan kebudayaan daerahnya sendiri. Hal ini adalah penyebab dibutuhkannya perangkat lunak untuk memberikan pengenalan yang menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi sebagai upaya untuk melestarikan kebudayan wayang golek.Teknologi Augmented reality merupakan penggabungan antara dunia nyata dengan dunia maya yang dapat diterapkan kedalam berbagai media. Salah satunya media adalah kartu (magic card) sebagai penanda untuk objek maya wayang golek. Implementasi teknologi augmented reality pada aplikasi magic card tokoh wayang golek berbasis augmented reality ini dirancang untuk mengenalkan tokoh wayang golek. Dalam aplikasi ini pengguna dapat melihat wayang golek secara 3 dimensi sekaligus dapat menggerakannya dengan menggunakan magic card aksi dari tokoh tersebut. Aplikasi ini terhubung dengan kamera secara real-time yang dapat mengenali marker. Tokoh wayang golek yang dikenalkan berdasarkan cerita wayang ��Kematian Gatotkaca��. Dalam pengenalan marker aplikasi ini di bangun dengan menggunakan library Nyartoolkit kemudian pembangunan objek wayang golek 3 dimensi dengan menggunakan Blender. Interaksi antara aplikasi dan pengguna menggunakan metode MultiMarker dimana metode tersebut dapat mendeteksi beberapa marker sekaligus untuk memanipulasi objek maya. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan kuesioner yang telah dilakukan terhadap 31 responden, implementasi teknologi augmented reality pada aplikasi magic card dapat berjalan dengan baik dan dengan menggunakan teknologi augmented reality dapat membuat aplikasi yang dibangun menjadi lebih menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: wayang, wayang golek, Magic card, augmented reality, nyartoolkit, MultiMarker.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26968

Actions (login required)

View Item View Item