Kritik Kebebasan Dalam Iklan "Tri �� Always On. Bebas Itu Nyata Versi Perempuan" (Analisis Semiotika John Fiske tentang Kritik Kebebasan dalam Iklan "Tri-Always On. Bebas itu Nyata Versi Perempuan")

Yehezkiel (2014) Kritik Kebebasan Dalam Iklan "Tri �� Always On. Bebas Itu Nyata Versi Perempuan" (Analisis Semiotika John Fiske tentang Kritik Kebebasan dalam Iklan "Tri-Always On. Bebas itu Nyata Versi Perempuan"). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui makna semiotik tentang kritik kebebasan yang terdapat dalam iklan Tri-Always On. Bebas itu nyata versi perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi dan studi pustaka. Objek yang dianalisis adalah tiga sequence yang terdapat dalam Iklan tersebut, seperti Prolog, Ideological content, dan Epilog. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat banyak kode-kode ideology yang menunjukan beberapa ideology. Seperti ideology liberalisme yang tersamarkan oleh ideologi Patriarki dan Feminisme. Kesimpulan dari hasil level realitas menunjukan melalui beberapa faktor, seperti dari cara berbicara, pakaian, riasan, dan gerak tubuh. Lalu pada level Representasi yang diwakili dengan teknik pengambilan gambar, pencahayaan, narasi, sampai kepada latar yang memiliki kode-kode ideology, dan menghasilkan level ideology seperti ideology liberalisme yang tersamarkan oleh ideology patriarki dan juga Feminisme. Peneliti memberikan saran bagi peneliti selanjutnya yang akan membuat skripsi serupa dengan lebih baik lagi, lalu saran bagi masyarakat agar dapat lebih peka terhadap selingan iklan yang berisi konten tentang singgungan kehidupan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kode �� kode televisi, Iklan Tri Always On. Bebas itu nyata Versi Perempuan, Semiotika, John Fiske, Iklan Televisi, Television Culture, Ideologi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28372

Actions (login required)

View Item View Item