Pembangunan Game Edukasi Safety Riding Untuk Menerapkan Keselamatan Berlalu Lintas Berbasis Desktop

Kosandy, Hendy (2014) Pembangunan Game Edukasi Safety Riding Untuk Menerapkan Keselamatan Berlalu Lintas Berbasis Desktop. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Indonesia setiap tahunnya mendapatkan jumlah pengguna kendaraan bermotor yang semakin terus meningkat dan kelalaian manusia menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas dan belum optimalnya penegakan hukum lalu lintas. Hasil penelitian 88 persen korban kecelakaan sepeda motor mengalami cedera dikepala, dengan 66,7 persen korban berumur 20-39 tahun, dan 25 persen kematian akibat kecelakaan sepeda motor. Pengenalan safety riding guna meminimalisir faktor manusia, maka sangatlah perlu dilakukan dengan memberikan informasi pengetahuan tentang pengenalan tata tertib berlalu lintas dengan sebuah tema safety riding kepada masyarakat terutama anak usia 7 tahun ke atas, dikarenakan diusia 7 tahun anak-anak sudah dapat membaca dan berhitung. Dengan adanya persoalan tersebut telah dirancang sebuah media yang dapat membantu pembelajaran tentang jenis-jenis rambu lalu lintas dan pengenalan dasar safety riding dan menyampaikan informasi fungsi keamanan keselamatan dalam berkendara dengan sebuah permainan. Penerapan algoritma greedy pada game digunakan untuk mengacak pertanyaan dan menjawab pertanyaan, dan algoritma collision detection digunakan untuk proses pendeteksian suatu tabrakan antara kedua objek. Dalam perancangannya, analisis teori serta pengembangan perangkat lunak dilakukan berdasarkan model waterfall, sedangkan pemodelan datanya dengan metode pemodelan terstruktur dengan mengunakan Data Flow Diagram (DFD). Tools yang digunakan dengan Adobe Flash CS6, dengan bahasa pemrograman ActionScript 2.0. Setelah game edukasi ini dibangun dilakukanlah pengujian dan melalui cara kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian metode black box, white box, dan kuesioner menunjukkan aplikasi game ini dapat menjadi media pembelajaran yang baik untuk mengenalkan safety riding kepada penggunanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi Safety Riding, Keselamatan Berlalu Lintas, Algoritma Greedy
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28604

Actions (login required)

View Item View Item