Penerapan Augmented Reality Pada Brosur Mobil Dengan Platform Android di Toyota Auto 2000 Bandung

Guztaman Munzi, Gugy (2014) Penerapan Augmented Reality Pada Brosur Mobil Dengan Platform Android di Toyota Auto 2000 Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Toyota Auto 2000 merupakan sebuah dealer mobil terbesar di Indonesia yang menjual semua tipe mobil Toyota. Adapun media informasi yang digunakan masih dalam bentuk brosur yang hanya menampilkan gambar dalam bentuk 2 dimensi saja. Sehingga informasi yang diberikan kurang detail dan membuat konsumen kesulitan dalam membayangkan bentuk mobil dari brosur tersebut. Tentunya ini menjadi salah satu kekurangan bagi pihak dealer. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dapat diambil solusi dengan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) yang menggunakan metode Markerless yang juga merupakan salah satu metode AR yang paling berkembang pesat. Karena metode ini memiliki ruang lingkup yang lebih luas dibanding dengan Marker Based Tracking. Dengan menggunakan metode markerless, marker yang dibuat tidak perlu hitam putih karena metode markerless dapat mendeteksi marker berupa benda seperti gambar, foto, meja, kursi, dan sebagainya. Selain itu metode pengenalan pola marker yang digunakan oleh library Vuforia adalah NFT (Natural Feature Tracking) dengan algoritma SIFT and FERNS yang mendeteksi atau melacak titik-titik (interest point) atau sudut-sudut (corner) pada suatu gambar. Diawali dengan pendeteksian pola luar gambar, kemudian dilakukan analisa tepi untuk mendapatkan pendeteksian sudut (corner) sehingga dapat menampilkan objek 3D yang lebih cepat. Dengan menggunakan library Vuforia dan metode markerless yang diterapkan pada aplikasi AR Toyota ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat menampilkan objek mobil 3D dengan lebih cepat. Sehingga dapat menampilkan informasi yang lebih detail dan real-time serta juga dapat membantu pihak dealer dalam menyampaikan informasi yang ada pada brosur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, AR, Markerless, Vuforia
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28622

Actions (login required)

View Item View Item