Pembangunan Aplikasi Learning Management System di SMK Putra Indonesia 1 Cicalengka

Vilona, Hilma (2014) Pembangunan Aplikasi Learning Management System di SMK Putra Indonesia 1 Cicalengka. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Putra Indonesia 1 Cicalengka merupakan salah satu sekolah kejuruan swasta yang bertempat di Jalan Ir. H. Juanda Belakang, Desa Cikuya Cicalengka. Sistem pembelajaran yang sedang berlangsung di SMK Putra Indonesia 1 bersifat konvensional, yaitu proses belajar dimana siswa bertatap muka langsung dengan guru. Dengan metode belajar secara konvensional masih terdapat masalah yang dihadapi seperti kesulitan guru memberikan tugas dan materi serta menyampaikan pengumuman ketika berhalangan hadir, kesulitan guru mengadakan evaluasi jika terbatasnya waktu disekolah, masalah guru pada saat memeriksa hasil ujian siswa dengan jumlah yang banyak dan membutuhkan waktu lama dan sering terjadi hilangnya lembar jawaban siswa, kesulitan guru memantau nilai siswa, kesulitan siswa mencari referensi karena terbatasnya media di sekolah, terbatasnya waktu untuk berdiskusi disekolah. Aplikasi Learning Management System ini dibangun untuk pendistribusian materi, media komunikasi, evaluasi sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar siswa yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Teknik pengumpulan data yaitu studi literatur, observasi, wawancara dan kuesioner. Metode pembuatan perangkat lunak yaitu menggunakan model waterfall. Metode analisis yang digunakan adalah analisis terstruktur, dengan permodelan data menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram) serta permodelan fungsionalnya menggunakan DFD (Data Flow Diagram). Berdasarkan hasil penelitian dan dilakukannya pengujian blackbox dan betha terhadap aplikasi Learning Management System SMK Putra Indonesia 1 Cicalengka, dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut dapat membantu guru menyampaikan materi, tugas dan pengumuman ketika berhalangan hadir, memudahkan guru memberikan evaluasi secara online, meminimalisir kesalahan saat memeriksa hasil ujian siswa, membantu pemantauan nilai siswa, membantu siswa mendapatkan referensi dan materi yang diberikan oleh guru dan memudahkan siswa dan guru melakukan diskusi diluar jam pelajaran sekolah yang dapat dilakukan secara online kapanpun dan dimanapun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, management, konvensional
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28660

Actions (login required)

View Item View Item