Aplikasi Pendukung Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-5 Tahun Berbasis Android (Pengenalan Huruf, Angka, Warna dan Bentuk)

Andiansyah, Deni (2014) Aplikasi Pendukung Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-5 Tahun Berbasis Android (Pengenalan Huruf, Angka, Warna dan Bentuk). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Setelah dilakukan penelitian, masalah yang teridentifikasi pada objek penelitian adalah pemberian materi pembelajaran relatif singkat, pengulangan materi pembelajaran sering tidak dilakukan dan karakter anak yang berbeda dalam memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian adalah bagaimana membuat aplikasi edukasi yang menarik perhatian, dapat menjadi media pengulangan, serta media pembelajaran berkelanjutan untuk digunakan oleh anak-anak usia 3-5 tahun. Dan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan, memperkuat pemahaman dan pengulangan kembali materi pelajaran tentang huruf, angka warna dan bentuk yang telah diberikan oleh pengajar di lembaga pendidikan serta sebagai permainan yang bermuatan pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, tools yang digunakan adalah dengan UML dan pendekatan yang dipakai adalah berorientasi objek serta metode pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan membangun bentuk awal aplikasi atau prototype dan semua hal tersebut kemudian dibangun menjadi sebuah aplikasi melalui perangkat lunak yaitu Adobe Flash CS6 dengan bahasa Scripting Action Script 3.0 dan sebuah perangkat lunak Adobe Air Runtime.Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan karakter dan latar belakang anak yang berbeda, diperlukan media lain dalam pembelajaran. Terutama yang dimaksudkan adalah dukungan teknologi dalam sebuah pembelajaran saat ini sangat penting untuk menunjang pengetahuan dan pemahaman dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, sebagai manusia yang wajib memberikan kontribusi positif, penulis mencoba membangun sebuah aplikasi pendukung pembelajaran bagi anak usia 3-5 tahun berbasis android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, anak, kognitif, Adobe Flash CS6, animasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28671

Actions (login required)

View Item View Item