Implementasi linear programming untuk mengoptimalkan sumber daya pada game RPG

Darmawan, Haris (2015) Implementasi linear programming untuk mengoptimalkan sumber daya pada game RPG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

RPG adalah sebuah permainan dimana pemain memiliki, memerankan dan mengontrol tokoh-tokoh tertentu untuk menjalankan sebuah misi atau cerita. Game RPG memiliki beberapa sumber daya seperti item dan koin. Salah satu sumber daya pada game RPG adalah modal atau keuntungan yang harus dicapai atau ditingkatkan. Game RPG sejenis Harvestmoon ini dimainkan dengan cara dimana pemain mengendalikan sumber daya yang ada agar bisa menghasilkan modal atau keuntungan secara optimal yang hasilnya sudah ditentukan. Sistem permainan pada genre ini menggunakan sistem strategi seperti pemain memilih tanaman apa yang harus ditanam dengan modal yang dimiliki. Agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut dilakukanlah analisis beberapa game terkenal guna menganalisis batasan-batasan apa saja yang bisa menghasilkan keuntungan secara optimal. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adaah menggunakan model linear programming. Linear programming adalah model yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pengalokasian sumber daya yang terbatas secara optimal. Salah satu metode dari model ini yaitu metode simpleks dimana metode ini cocok untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan batasan atau kendala lebih dari dua variabel. Permasalahan yang terdapat pada game RPG sejenis Harvestmoon ini adalah tiap pemain harus bisa menyesuaikan hasil dari keuntungan yang didapat melalui tumbuhan apa yang harus ditanam dengan keadaan sumber daya seperti modal yang terbatas. Parameter yang digunakan dengan menggunakan metode simpleks didalam game ini adalah fungsi tujuan berupa keuntungan dari setiap tumbuhan dan fungsi kendala atau batasan adalah modal yang dimiliki serta waktu panen tumbuhan. Dari hasil uji coba yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan dengan batasan-batasan yang ada di game ini parameter yang digunakan untuk di implementasikan ke metode simpleks yaitu keuntungan setiap tumbuhan dan kendala yang di gunakan modal dan waktu. Sehingga menghasilkan hasil optimal sesuai dengan sumber daya yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Linear Programming, Game RPG, Metode Simpleks
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28943

Actions (login required)

View Item View Item