Sistem Informasi Pendukung Keputusan Pariwisata Berbasis Web

Rahadyan, Dewan (2014) Sistem Informasi Pendukung Keputusan Pariwisata Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu potensi sumber daya yang dapat dikembangkan oleh setiap daerah. Sebagai salah satu sumber daya yang menghasilkan devisa bagi negara, hal ini membutuhkan pengoptimalan dalam penyediaan jasa untuk lebih menunjang potensi kawasan wisata yang akan dikunjungi. Saat penelitian ini dilakukan, Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat telah menggunakan media internet dalam promosi. Akan tetapi sistem yang digunakan masih belum sempurna. Masalah ini berasal dari manajemen data pariwisata yang kurang baik dan masih belum maksimalnya beberapa fasilitas di sistem yang berjalan. Dengan beberapa masalah tersebut, sudah saatnya sistem yang lama di perbaiki. Tidak hanya sekedar memperbaiki saja, penulis menyarankan untuk diciptakannya beberapa fitur baru seperti fitur simulasi dan fitur pendukung keputusan. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan action research, sedangkan pendekatan sistem yang digunakan adalah terstruktur dengan metode pengembangan sistem menggunakan model waterfall. Alat bantu yang digunakan adalah Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), Kamus Data, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Alat bantu perancangan basis data dalam pengembangan sistem informasi ini adalah Normalisasi dan Tabel Relasi. Bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP, dengan tools Adobe Dreamwaver CS5. Untuk database, sistem informasi ini menggunakan MySQL dan untuk pengambilan keputusan, sistem informasi ini menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process). Dengan pembuatan sistem informasi ini, penulis berharap sistem informasi yang penulis buat kedepan dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk para wisatawan dan dapat membantu top manajamen pariwisata yang ada di provinsi jawa barat untuk membuat keputusan dengan fitur-fitur baru yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Sistem Pendukung Keputusan, Simulasi, AHP (Analitycal Hierarchy Process), Pariwisata
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29041

Actions (login required)

View Item View Item