Sistem Informasi Pertanggungjawaban Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Berbasis Web

Muh and Rahman, Auliya (2014) Sistem Informasi Pertanggungjawaban Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bos merupakan program pemerintah untuk pembiayaan pendanaan kebutuhan sekolah baik SD maupun SMP di Indonesia yang sudah ada sejak 2005. Pelaporan penggunaan dana bos yang sedang berjalan sekarang ini masih bersifat manual sehingga menyulitkan sekolah-sekolah yang berada di pelosok untuk melakukan pelaporan tepat waktu. Untuk itu dibutuhkan aplikasi berbasis web untuk membantu sekolah-sekolah SD dan SMP di daerah Sulawesi Tengah untuk menyusun laporan penggunaan dana BOS mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pelaporan penggunaan dana bos yang sedang berjalan, membuat perancangan sistem, pengujian serta implementasi aplikasi yang dibangun. Penelitian ini berguna untuk memudahkan pihak sekolah dalam penyusunan laporan penggunaan dana bos sekolahnya.Penulis menggunakan metode waterfall dalam pengembangan sistem, sedangkan untuk pendekatan sistem menggunakan metode terstruktur. Alat bantu analisis perancangan yang dipakai yaitu Flowmap, Diagram Konteks, Data Flow Diagram, Kamus Data dan Perancangan Basis Data. Website yang dibangun menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database MySQL. Dari serangkaian kegiatan penelitian di dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Sulawesi Tengah dapat disimpulkan bahwa dengan dibangunnya sistem informasi pertanggungjawaban penggunaan dana bos ini diharapkan pihak sekolah terbantu dalam pelaporan penggunaan dana bos mereka sehingga tidak terjadi lagi keterlambatan dalam pelaporannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BOS, website, waterfall, terstruktur
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29078

Actions (login required)

View Item View Item