Analisis Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP) dan Kinerja Aparat Terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pada Dinas Pelayanan Pajak di Jawa Barat (Survey Pada 5 Dinas Pelayanan Pajak di wilayah Jawa Barat)

Nur Prasetiawan, Gunawan (2014) Analisis Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP) dan Kinerja Aparat Terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pada Dinas Pelayanan Pajak di Jawa Barat (Survey Pada 5 Dinas Pelayanan Pajak di wilayah Jawa Barat). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah penerimaan pajak bumi dan bangunan merupakan masalah penting bagi setiap daerah di Indonesia, karena pajak bumi dan bangunan merupakan salah satu sektor pajak penerimaan asli daerah, maka diperlukan alat yang meningkatkan penerimaan pajak bumi dan bangunan seperti Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak dan KinerjaAparat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak dan Kinerja Aparat terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan.Penelitian dilakukan pada5 Kantor Dinas Pelayanan Pajak Daerah di Wilayah Jawa Barat. Obyek penelitian adalah Sistem Manejemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP), Kinerja Aparat dan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. 5 Populasi Kantor Dinas Pelayanan Pajak Daerah di Wilayah Jawa Barat, sampel 75 pegawai fungsional bagian pajak bumi dan bangunan, pengambilan sampel menggunakan random sampling dari jumlah populasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka, kuesioner, wawancara dan internet. Uji statistik yang digunakan perhitungan analisis jalur, korelasi Pearson, koefisien determinasi, uji hipotesis dan program aplikasi SPSS 20.0 for Windows.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak dan Kinerja Aparat sebesar 33% sedangkan sisanya 67%% ditentukan oleh faktor lain seperti jumlah WP dan jumlah tanah dan bangunan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan dengan arah positif yang artinya Sistem Manajemen Infomasi Objek Pajak baik maka akan meningkatkan penerimaan pajak bumi dan bangunan. Kinerja Aparat berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan dengan arah positif yang artinya semakin baik kinerja aparat maka meningkatkan penerimaan pajak bumi dan bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP), Kinerja Aparat dan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29154

Actions (login required)

View Item View Item