Perancangan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Pdam Kota Cirebon

Affandi, Adityo (2014) Perancangan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Pdam Kota Cirebon. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PDAM Kota Cirebon adalah satu BUMD yang khusus mengelola penggunaan air bersih dan air limbah. Pada proses pelayanan terhadap pelanggan, PDAM Kota Cirebon telah menggunakan sebuah sistem informasi bernama SIPAM yang dibangun oleh bagian pengolahan data. Penggunaan teknologi lama serta masalah regenerasi personil menyulitkan staf baru untuk mengembangkan sistem SIPAM tersebut.Kebutuhan akan kualitas pelayanan yang memuaskan sangat penting untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang terlayani sekaligus meningkatkan pendapatan untuk memenuhi salah satu misi PDAM Kota Cirebon sendiri yaitu memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah.Enterprise Architecture Planning (EAP) adalah metoda atau kerangka acuan yang digunakan untuk pembuatan cetak biru sebagai acuan dalam proses pemutakhiran teknologi dan pengembangan SIPAM. Metode ini telah digunakan untuk memetakan dan merencanakan dengan matang mulai dari kondisi teknologi saat ini, usulan pengembangan dari sisi arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi, hingga urutan rencana implementasi.Hasil yang diperoleh adalah usulan berdasarkan teknologi yang sedang berkembang saat ini, berupa proses reengineering maupun penambahan fitur pelayanan tambahan yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan, hingga tahap proses implementasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pelayanan Pelanggan, PDAM, Enterprise Architecture Planning, EAP, Arsitektur Data, Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Teknologi
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29331

Actions (login required)

View Item View Item