Implementasi augment reality pada majalah anak menggunakan metode markerless

Avianti, Widya (2015) Implementasi augment reality pada majalah anak menggunakan metode markerless. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel-artikel dari berbagai penulis. Majalah memiliki andil besar sebagai sarana peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat karena memuat berbagai informasi ilmu pengetahuan dan teknologi relatif baru. Terutama untuk Majalah Anak yang difungsikan memuat berbagai kompetensi dasar yang harus dikuasai anak diantaranya kompetensi berbahasa, daya pikir dan keterampilan. Namun demikian, sampai saat ini belum diketahui secara pasti model yang dapat difungsikan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi berbahasa lisan anak dan diminati anak. Pada umumnya, guru hanya menyajikan majalah itu sebagai media pembelajaran tanpa mempertimbangkan kesesuaian dengan anak. Akibatnya anak-anak sering merasa jenuh belajar, karena model pembelajarannya, isi dan latihan-latihannya selalu berulang dari edisi yang satu ke edisi berikutnya. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality penyampaian informasi yang didapat akan lebih menarik dan interaktif yaitu berupa gambar 3D yang ditambahkan pada majalah anak. dalam penerapannya, pembaca (orang tua dan anak) cukup menunjukkan gambar di majalah anak ke depan komputer dengan fasilitas webcam yang tersambung ke internet, lalu akan muncul gambar 3D. berdasarkan uraian tersebut, maka dibangun sebuah aplikasi yaitu aplikasi ARMagazine, sebuah aplikasi yang berbasis web. Aplikasi ARMagazine ini dibangun menggunakan metode Markerless. Metode ini merupakan metode yang dikembangkan oleh IN2AR. Pada metode ini menggunakan gambar pada majalah anak sebagai marker (penanda). Berdasarkan hasil pengujian Alpha yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem bebas dari kesalahan sintaks dan secara fungsional mengeluarkan hasil yang sesuai dengan harapan. Pengujian betha dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem yang dibangun mudah digunakan (user friendly), bermanfaat dan dapat membantu pengguna dalam mendapatkan informasi pada majalah anak yang lebih menarik, hal ini sesuai dengan presentase jawaban setiap pengguna atau responden terhadap pertanyaan (kuisioner) yang telah di sebarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel-artikel dari berbagai penulis. Majalah memiliki andil besar sebagai sarana peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat karena memuat berbagai informasi i
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29503

Actions (login required)

View Item View Item