Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMK Swasta Kabupaten Subang

Habibah, Siti (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMK Swasta Kabupaten Subang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan hal yang penting untuk sebuah sekolah. Hal ini berdampak pada citra sekolah. Sekolah yang dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik maka berdampak pada citra yang baik pula. Dengan terbentuknya kualitas pelayanan dan citra sekolah yang baik maka menimbulkan kepuasan terhadap siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui gambaran mengenai kualitas pelayanan, citra sekolah dan kepuasan siswa pada SMK Swasta di Kabupaten Subang, 2) untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan citra sekolah SMK Swasta di Kabupaten Subang, 3) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa pada SMK Swasta di Kabupaten Subang, 4) untuk mengetahui pengaruh citra sekolah terhadap kepuasan siswa pada SMK Swasta di Kabupaten Subang dan 5) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan citra sekolah terhadap kepuasan siswa SMK Swasta di Kabupaten Subang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini berjumlah 2.209 siswa dan teknik penarikan sampel menggunakan teknik pendekatan slovin sehingga diperoleh 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software Lisrel 8.8.Hasil analisis jalur menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan citra sekolah memiliki hubungan yang kuat sebesar 78%. Kualitas pelayanan dan citra sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan siswa sebesar 72,93%. Kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan siswa memiliki pengaruh yang signifikan, dalam hal ini kepuasan siswa dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 57,38%. Sedangkan, citra sekolah dalam meningkatkan kepuasan siswa termasuk dalam kategori rendah sebesar 15,55%. Meskipun citra sekolah masuk dalam kategori rendah, tetapi kepuasan siswa salah satunya masih dipengaruhi oleh citra sekolah. Selain itu, ada faktor lain yang secara tidak langsung mempengaruhi kepuasan siswa diluar variabel kualitas pelayanan dan citra sekolah sebesar 27,07%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, citra sekolah dan kepuasan siswa
Subjects: S2 Thesis > Magister Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29549

Actions (login required)

View Item View Item