Pembangunan Perangkat Lunak Gerakan Bantu Seribu Anak Asuh Pada Platform Android

Adam Kurniawan, Rizki (2014) Pembangunan Perangkat Lunak Gerakan Bantu Seribu Anak Asuh Pada Platform Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Laporan tahunan 2012 UNICEF menyatakan bahwa sekitar 2,3 juta anak usia 7-15 tahun terdapat anak indonesia yang putus sekolah. Gerakan Bantu Seribu Anak Asuh adalah sebuah Komunitas dibidang pendidikan yang tujuannya adalah menjadi fasilitator penyambung donasi para donatur kepada anak-anak yang putus sekolah. Namun dalam implementasinya terdapat permasalahan yang terjadi yaitu dari sisi donatur perihal kesulitan mendapatkan informasi dan news, konsultasi, pemilihan anak asuh, dan kesulitan konfirmasi pembayaran. Kemudian dari sisi service center GBSA masalah yang terjadi adalah sulitnya dalam mendapatkan data yang sudah terdonasi, pengelolaan data donatur, anak asuh, orangtua kandung dan news, klaim donasi, dan pendistribusian rapot anak. Oleh karena itu, solusi yang diusulkan adalah dengan membangun perangkat lunak gerakan bantu seribu anak asuh berbasis android guna memudahkan donatur dalam pendonasian dan memudahkan petugas service center dalam pengelolaan pendonasian. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian evaluatif dan deskriptif. Sistem yang dibangun terbagi menjadi dua buah subsistem yaitu android sebagai front-end dengan fitur info GBSA dan news, pemilihan anak asuh, konsultasi, serta konfirmasi pembayaran donasi dan web admin sebagai back-end dengan fitur statisik data anak, manajemen data anak, donatur, orangtua kandung, news, transaksi donasi, dan pendistribusian rapot. Setelah dilakukan pengujian dengan metode black box dan beta dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun telah memudahkan donatur untuk mengetahui informasi dan news, berkonsultasi, pemilihan anak, dan konfirmasi pembayaran, memudahkan petugas service center untuk mengetahui jumlah anak terdonasi, mengelola data anak, donatur, orangtua kandung, dan news, klaim donasi dan pendistribusian rapot. Saran yang dapat diberikan adalah diharapkan aplikasi ini dapat lebih optimal dalam mengakses data dan dapat dikembangkan kepada platform lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gerakan bantu seribu anak asuh, GBSA, aplikasi berbasis mobile android, donasi, web service, sistem informasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29610

Actions (login required)

View Item View Item