Pembangunan aplikasi multimedia 3r (reuse,reduce,recycle) untuk lingkungan sekolah sebagai media sosialisasi di dinas kebersihan dan pertamanan kota cimahi

Amalia, Dien (2015) Pembangunan aplikasi multimedia 3r (reuse,reduce,recycle) untuk lingkungan sekolah sebagai media sosialisasi di dinas kebersihan dan pertamanan kota cimahi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

3R (Reuse, Reduse, Recycle) merupakan konsep untuk mengelola sampah. Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi melakukan sosialisasi mengenai 3R kepada masyarakat termasuk ke siswa/siswi di sekolah. Media sosialisasi yang dilakukan adalah dengan cara konvensional, yaitu menjelaskan dengan lisan dan menyebarkan brosur 3R. Hal ini memiliki kekurangan yaitu brosur yang memiliki keterbatasan penyampaian materi. Adapun kekurangannya adalah brosur yang disebarkan terbuat dari kertas yang mudah rusak.Aplikasi Multimedia 3R bertujuan membantu Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi dalam mensosialisasi 3R dengan menggunakan media yang lebih menarik dan interaktif sehingga dapat memaksimalkan penyampaian pesan (ilmu dan keterampilan) 3R di lingkungan sekolah. Aplikasi Multimedia 3R menggunakan model Tutorial dan model simulasi dalam menyampaikan pesan. Dalam Aplikasi Multimedia 3R terdapat 3 menu utama yaitu Mengenal 3R (berisi materi 3R dan 14 kegiatan 3R skala sekolah dan rumah tangga), Latihan Soal dan Simulasi (berisi simulasi membuat kompos dan kertas daur ulang). Pengujian dilakukan dengan pengujian Alfa(blackbox) dan Beta (wawancara dan kuisioner).Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun telah menjadi suatu media sosialiasi yang interaktif, ketersediaan media untuk sosialisasi bagi Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi telah terpenuhi dan pengetahuan pengguna tentang 3R bertambah setelah menggunakan aplikasi yang dibangun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: 3R,Reuse,Reduce,Recycle, Model Tutorial,Model Simulasi, Metode Pengembangan, Multimedia, Sosialisasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29705

Actions (login required)

View Item View Item