Pembangunan game edukasi bahasa arab (mencocokan kosakata)

Gusdiyono, Surya (2015) Pembangunan game edukasi bahasa arab (mencocokan kosakata). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada sekolah SMP PGII 2 Bandung dengan mata pelajaran tambahan berupa Al �� Qur��an bahasa Arab dan ibadah akhlak dimana sekolah ini berbasis Islam. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru bahasa Arab, penyampaian materi dikelas berupa pengenalan huruf hijaiyah dan pengucapannya, pengenalan hukum tajwid, hapalan surat, membaca, menulis, kosakata dan lain �� lain. Penyampaian materi dengan waktu yang terbatas diharapkan anak bisa mengerti kaidah-kaidah bahasa Arab.Perancangan berorientasi objek menggunakan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari use case, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Tool yang digunakan untuk mengembangkan game ini adalah Construct 2 dan desain menggunakan adobe ilustrator.Materi pembelajaran mencakup kosakata, tajwid dan terjemahan. Dalam permainan kosakata terdapat tebak kosakata, susun surat, dan cocok kosakata. Dalam permainan tajwid terdapat pilih tajwid, tebak tajwid, dan cocok tajwid. Dalam permainan terjemahan terdapat tebak isi terjemahan, tebak terjemahan, dan cocok terjemahan.Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode black box untuk mengetahui kesalahan pada navigasi selanjutnya akan akan diuji melalui kuesioner. Kuesioner diuji kepada kelas VII dengan melibatkan 68 siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis penilaian pengujian yang digunakan adalah metode kuantitatif berdasarkan data dari pengguna dan mengubah data hasil rata �� rata penilaian kedalam interval skor kelayakan.Berdasarkan data yang dihasilkan sebesar 90%, bahwa game edukasi bahasa Arab (mencocokan kosakata) layak untuk dimainkan. Tujuan yang ingin didapat pada game ini yaitu anak sudah dapat menerapkan hukum tajwid saat membaca Al �� Qur��an, anak dapat menghapal surat �� surat pendek dari kosakata yang diberikan dan juga anak mengetahui pengucapan huruf hijaiiyah dengan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Bahasa Arab, Kosakata, Edukasi, Mencocokan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29712

Actions (login required)

View Item View Item