Fiyanti and Ra (2002) Hubungan antara kecemasan kegagalan dengan motivasi bersaing pada siswa program kelas unggulan di SMU Muhammadiyah I Gresik.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekolah sebagai sarana pendidikan berusaha memenuhi kebutuhan siswa dalam meningkatkan kualitas pendidikannya. Program kelas unggulan adalah program khusus untuk mengelompokkan siswa berdasar prestasi yang tinggi, dimana siswa dituntut agar dapat mencapai prestasi lebih baik dari siswa kelas biasa. Hal ini membuat siswa berusaha mencapai prestasi tinggi di sekolah tetapi di sisi lain siswa merasa harus memenuhinya sehingga tidak jarang siswa mengalami kecemasan.Kecemasan kegagalan merupakan salah satu kecemasan yang dialami siswa kelas unggulan. Adanya kecemasan kegagalan membuat siswa berfikir tentang cara menghilangkan kecemasan. Untuk itu, siswa melakukan suatu tindakan yaitu bersaing. Bersaing adalah melakukan perbuatan untuk menjadi menang atau mengungguli yang lain dan merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Bersaing membutuhkan motivasi, karena dengan motivasi akan mendorong individu lebih terpacu bersaing dengan individu lain untuk menghilangkan kecemasan kegagalannya.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mencari ada tidaknya hubungan antar variabel yaitu variabel kecemasan kegagalan dan variabel motivasi bersaing.Subyek sebagai sampel penelitian sebanyak 76 orang yang duduk di kelas unggulan yaitu kelas I.1 dan kelas II.1. Teknik sampling yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik sampel total yaitu dengan memakai seluruh populasi dalam pelaksanaan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala, yang terdiri dari skala kecemasan kegagalan dan skala motivasi bersaing, sedangkan analisa data yang digunakan adalah product moment.Dari hasil penelitian diperoleh rxy = 0,371 pada taraf signifikansi 0,001 yang berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara kecemasan kegagalan dengan motivasi bersaing pada siwa program kelas unggulan. Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi kecemasan kegagalan siswa maka motivasi bersaingnya juga semakin tinggi. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan hasil penelitian adalah sebaiknya siswa tidak terlalu mencemaskan kegagalan yang mungkin dialami karena sebenarnya kecemasan dengan tingkat yang rendah sedikit diperlukan siswa untuk menunjukkan bahwa siswa tersebut memiliki perhatian siswa untuk dapat belajar dengan sebaik-baiknya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Psychology > 2002 > Event Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:37 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3007 |
Actions (login required)
View Item |