Anbar Firdaus, Syahid (2016) Perancangan Informasi Belajar membaca Al-Quran Dengan Metode Maqdis Melalui CD Interaktif. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekarang ini membaca Al-Qur��an semakin jarang dilakukan, dengan berbagai macam alasan seperti kesibukan dan kesulitan cara membacanya. Kekeliruan umum misalnya, Tajwid dan mahkraj huruf, ketidaklancaran membaca serta sering tertukar ketika membacanya. Ketidakpraktisan cara belajar membaca Al-Qur��an, belajar Al-Qur��an hanya di masjid saja, pengajar yang belum berpengalaman. Maka dibutuhkan metode yang dapat mempermudah dalam mempelajari Al-Qur��an. Salah satunya adalah metode MAQDIS menggunakan ilmu praktek Tajwid dan memadukan antara kemampuan praktek Tajwid dengan kemampuan berirama, sedangkan teorinya diberikan setelah pembelajar lancar mempraktekkannya. Metode ini diperuntukan bagi orang yang sudah bisa membaca Al-Qur��an tetapi masih keliru dan tidak memahami dalam tata cara membacanya. Diantara hambatan yang dialami oleh pembelajar MAQDIS yaitu ketika sudah diberi materi, pembelajar tidak sering mempraktekkan akibatnya jadi merasa sulit ketika membacanya. Untuk membantu proses pembelajaran, diperlukan terobosan baru dalam proses pembelajarannya. Butuh sebuah media yang akan menjadi solusi serta menarik perhatian agar pembelajar dapat latihan dalam praktek Tajwid membaca Al-Qur��an yaitu dengan Multimedia Interaktif. Solusi tersebut dapat digunakan diwaktu luang dan dapat digunakan secara personal maupun berkelompok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktek Tajwid, Metode MAQDIS, Multimedia Interaktif |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2016 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:11 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:11 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30194 |
Actions (login required)
View Item |