Ariyanti, Inneke (2002) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI BIMBINGAN PENYULUHAN DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DI SMU NEGERI 1 MALANG.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan jaman, terutama di era modern yang semakin pesat seperti sekarang ini, banyak menimbulkan perubahan dan kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat. Keadaan seperti di atas akan mendatangkan kepada individu untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan-kemajuan itu. Perubahan dan perkembangan sebagaimana disebutkan, akan mengakibatkan bertambahnya jenis-jenis pekerjaan di masyarakat, bertambahnya pendidikan, pola-pola kehidupan dan lain-lain. Sekolah, mempunyai fungsi untuk menciptakan sumber daya manusia yang nantinya bisa dijadikan calon anggota masyarakat yang berbudi pekerti, berfikir kreatif, serta mampu memecahkan segala masalah yang dihadapi. Untuk itu, dengan adanya program Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah diharapkan agar pihak konselor dapat membantu dalam memberikan manfaat bagi semua pihak (guru dan murid).Efektivitas komunikasi Bimbingan dan Penyuluhan di SMU Negeri 1 Malang, berkaitan untuk mengetahui informasi mengenai diri siswa. Keberhasilan dan kesuksesan proses belajar siswa, dalam hal ini tentunya sangat dipengaruhi oleh terlibatnya pihak konselor dalam memberikan pesan serta bimbingan penyuluhan terhadap siswa, yang harus memiliki kepekaan dalam memantau gejala-gejala apa yang ada di tengah-tengah siswanya.Penelitian ini bertipe deskripsi dengan metode kualitatif dengan dasar penelitian naturalis, dimana penelitian yang dilakukan untuk memahami kondisi objek yang bersifat alamiah, dan peneliti merupakan instrumen kunci dalam rangka pengumpulan data-data, sehingga memenuhi tujuan yang ingin dicapai. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas I dan kelas II, yang terjaring dalam sampel penelitian berdasarkan karakteristik-karakteristik yang telah ditentukan oleh peneliti, sehingga dikumpulkan sebanyak 49 responden dengan menggunakan analisis domain, yaitu domain jenis, domain sebab-akibat, domain alasan, domain cara , domain fungsi, dan domain lokasi.Hasil penelitiannya mencakup, siswa yang berkonsultasi dengan guru BP yang mempunyai nilai di bawah rata-rata sebanyak 13 orang (27%), siswa yang mengalami persoalan disebabkan persoalan pribadi/akademik sebanyak 25 orang (51%) serta siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib, sebanyak 11 orang (22%). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, responden menggunakan fasilitas BP dengan tujuan untuk memecahkan masalah, agar masalah yang dihadapi ditemukan solusi dan terjadinya perubahan perilaku dari keadaan yang sekarang menjadi keadaan yang lebih baik lagi, yaitu siswa menjadi semakin aktif dan giat dalam proses belajar. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti lain, yaitu agar dapat lebih menyempurnakan komunikasi yang efektif dalam program BP yang ada, yang terdapat di lingkungan sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Communication Science > 2002 > Event Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:38 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3075 |
Actions (login required)
View Item |