Chairunisak, Siti (2003) ANALISA BALANCED SCORE CARD SEBAGAI ALAT IMPLEMENTASI STRATEGI UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN KINERJA PADA PT. MARU INDAH MALANG.
Full text not available from this repository.Abstract
Keadaan persaingan di era globalisasi yang semakin kompetitif ini menuntut pihak manajemen perusahaan siap mengantisipasi segala perubahan yang terjadi serta dapat memberikan yang terbaik terhadap konsumen. Untuk itulah pihak manajemen perlu merumuskan suatu strategi manajemen yang komplek yang disertai dengan pengukuran kinerja yang tidak didasarkan atas satu tolok ukur saja akan tetapi meliputi segala aspek pengukuran. Untuk itulah pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced score card dapat dijadikan sebagai salah satu alternatifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) strategi yang dikembangkan perusahaan dalam peningkatan kinerja manajemen perusahaan, b) alat ukur yang digunakan dalam pengukuran kinerja perusahaan selama ini, c) dan apakah perusahaan dalam pengukuran kinerjanya memperhatikan aspek lain selain aspek keuangan seperti yang ada dalam balanced score card. Manfaat yang mungkin didapat dari penelitian ini adalah: a) sebagai bahan pengembangan wawasan mengenai alternatif peningkatan kinerja manajemen yaitu dengan menggunakan balanced score car, b) sebagai masukan bagi perusahaan dalam pengukuran kinerja manajemen, c) digunakannya aspek lain selain aspek keuangan dalam pengukuran kinerja karena semua aspek tersebut terkait satu sama lain dengan kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang.Penelitian ini merupakan studi kasus dengan obyek penelitian pada PT. Maru Indah. Data yang digunakan adalah data sekunder, sedangkan analisa datanya dilakukan secara kualitatif dan kumutatif dengan dasar teori mengenai pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced score card.Dari hasil analisa data yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa selama ini strategi yang telah dikembangkan perusahaan telah dapat meningkatkan kinerja perusahaan, hal ini ditunjukkan dari tingkat perolehan laba perusahaan dari tahun 2000 ke tahun 2001 terus mengalami peningkatan. Walaupun demikian dalam pengukuran kinerjanya perusahaan saat ini masih menggunakan tolok ukur kinerja tradisional yang masih mendasarkan pada segi keuangan dan belum mempergunakan balanced score card, walaupun demikian perusahaan telah berusaha merumuskannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:39 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4138 |
Actions (login required)
View Item |