Tri Afni, Nur (2002) ANALISIS PENERAPAN IN (INTELLIGENT NETWORK) DALAM SISTEM LAYANAN KOMUNIKASI JASA FREECALL DAN VOTECALL.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu ciri dari negara berkembang adalah pertumbuhan di segala bidang telekomunikasi. Perkembangan sektor telekomunikasi begitu cepat apalagi sistem informasi, dimana setiap manusia membutuhkan informasi yang cepat dan handal. Hal ini akan tercapai bila adanya suatu peningkatan pelayanan , keluwesan penyediaan fasilitas (jasa) yang sesuai dengan selera pelanggan dan penggunaaan pengelolaan manajemen yang rapi dan teratur.Untuk mengantisipasi hal tersebut, diperlukan pengembangan suatu mekanisme implementasi yang mampu untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan . Untuk itu muncul suatu evolusi jaringan yang dinamakan Intelligent Network (IN) yang tujuan utamanya adalah untuk menambah sistem kecepatan layanan, realisasi dan penyediaan fasilitas-fasilitas baru.PT.Telkom sebagai operator penyedia jasa terus berusaha untuk mengimplementasikan teknologi IN untuk sistem komunikasi. IN termasuk suatu teknologi baru oleh karena itu diperlukan pengenalan dan pengkajian dalam aplikasi jasa layanan telekomunikasi, layanan jasa IN yang dikembangkan antara lain layanan freecall dan votecall.Freecall merupakan jasa layanan dalam bentuk percakapan bebas pulsa yang secara teknis merupakan layanan yang paling menguntungkan semua pihak, bagi operator jaringan, pelanggan layanan maupun bagi masyarakat pengguna layanan. Pengalaman dinegara yang sudah mengimplementasikan teknologi IN menunjukan bahwa layanan ini menempati urutan pertama dalam menghasilkan keuntungan.Layanan votecall yang secara teknis disebut mass calling merupakan layanan yang berhubungan dengan pemungutan suara misal mass voting melalui telepon. Seorang pelanggan votecall dapat memperoleh hasil opini dari beberapa ratus ribu orang dalam waktu relatif singkat melalui sebuah acara yang diselenggarakan secara broadcast (televisi atau radio).Dalam penerapan IN pada Telkom adalah pemunculan layanan-layanan baru, sementara disalah satu sisi tidak diharapkan terjadi banyak kegagalan panggilan yang dilakukan oleh user. Oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan terhadap trafik dan GoS (Grade Of Service). Karena dengan nilai GoS yang terlalu besar berarti terjadi banyak kegagalan permintaan pelayanan, yang akan mengakibatkan berkurangnya jumlah trafik yang berhasil, sehingga trafik maksimum tidak diperoleh. Dengan melakukan penelitian, pengkajian dan perhitungan apalagi ditambah dengan pengetahuan dari beberapa literatur sebagai penunjang, maka kami berharap hal tersebut bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak dan bagi komponen akademik pada khususnya dan tidak lupa bagi peneliti sendiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Electrical Eng > 2002 > Even Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:39 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4174 |
Actions (login required)
View Item |