PENGARUH KELOMPOK ACUAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS EXSPORT PADA PT. EKSONINDO MULTI PRODUCT INDUSTRY DI BANDUNG

Wijayati, Utari and Wahdiniwaty, Rahma (2017) PENGARUH KELOMPOK ACUAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS EXSPORT PADA PT. EKSONINDO MULTI PRODUCT INDUSTRY DI BANDUNG. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol.02. ISSN 2337-5299

Full text not available from this repository.
Official URL: http://jimm.mm.pasca.unikom.ac.id/jurnal/pengaruh-...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya persaingan di bidang fashion yang penjualannya mengikuti trend yang sedang berlangsung pada periode tertentu, sehingga naik turunnya penjualan tidak dapat diprediksi secara tepat. Bisnis di bidang fashion semakin berkembang, termasuk salah satunya tas. Saat ini tas tidak hanya digunakan sebagai nilai fungsinya saja tetapi juga merupakan pelengkap fashion. Dengan hal ini PT. Eksonindo Multi Product Industry harus bersaing dengan pesaingnya dengan merek tas lainnya seperti Alto, Exsport, Elizabeth dan JanSport terutama dari segi kualitas dan harga. PT. Eksonindo Multi Product Industry mengalami kenaikan volume penjualan yang masih dibawah target yang diharapkan. Menurut survey dari segi kualitas, tas Exsport masih kurang memenuhi harapan konsumen. Harga yang tertera pada katalog juga tidak sesuai dengan harga yang tertera pada label. Sehingga kelompok acuan kurang berpengaruh dalam menyampaikan informasi terhadap komunitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian tas Exsport. Kuesioner disebarkan kepada 125 responden di 2 toko dan 3 stand Exsport yang ada di Bandung. Metode analisis pada yang digunakan path analysis dengan menggunakan software Lisrel Ver. 8.8. Pada pengolahan path analysis terdapat dua substruktural. Dari hasil uji t, kualitas produk, dan kelompok acuan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sehingga dalam penelitian ini, keputusan pembelian tas Exsport tidak dipengaruhi oleh harga. Konsumen lebih cenderung dipengaruhi oleh kualitas produk dan kelompok acuan dalam keputusan membeli tas Exsport. This research is motivated by the emergence of competition in the field of fashion sales follow the ongoing trend in a particular period, so the ups and downs of sales can not be predicted precisely. Business in the field of fashion is growing, including one bag. When the bag is not only used as a value function, but also a complementary fashion. PT. Eksonindo Multi Product Industry has to compete with other competitors with branded bags such as Alto, Exsport, Elizabeth and JanSport especially in terms of quality and price. PT . Eksonindo Multi Product Industry sales volume increase is still below the expected target. According to the survey in terms of quality, Exsport bag still does not meet consumer expectations. Prices shown in the catalog are also not in accordance with the price listed on the label. So that the reference group is less influential in conveying information to the community. The purpose of this study was to determine the effect of product quality, price and reference group on purchasing decisions Exsport bag. The questionnaire distributed to 125 respondents at 2 Exspor stand in Bandung. The method of analysis used in the path analysis using Lisrel software Ver. 8.8. In processing, there are two substruktural path analysis. From the results of the t test, the quality of the product, and reference group influence on purchase decisions. However, the price does not affect the purchase decision. Thus, in this study, Exsport bag purchasing decisions are not influenced by the price. Consumers are more likely to be influenced by the quality of the product and the reference group in the decision to buy a bag Exsport.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas produk, harga, kelompok acuan, keputusan pembelian, quality product, price, reference group, purchasing decisions
Subjects: Jurnal Tercetak > JIMM - Jurnal Ilmiah Magister Manajemen
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Pascasarjana > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:31
Last Modified: 20 Apr 2017 02:31
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51297

Actions (login required)

View Item View Item