Strategi Humas PT Pikiran Rakyat Melalui Kegiatan Donor Darah

Anshari, Fakhri (2017) Strategi Humas PT Pikiran Rakyat Melalui Kegiatan Donor Darah. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Strategi Humas PT Pikiran Rakyat melalui Kegiatan Donor Darah dalam Mempertahankan Citra Perusahaan di Kota Bandung. Untuk menjawab strategi humas tersebut peneliti menggunakan empat subfokus yaitu Pengumpulan Informasi, Perencanaan, Komunikasi dan Evaluasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Metode Deskriptif. Informan adalah Humas PT Pikiran Rakyat dan Ketua KDD Pikiran Rakyat, serta dua pendonor yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara yang mendalam, litelatur, internet searching dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil dari Penelitian Strategi Humas yang dilakukan Humas PT Pikiran Rakyat melakukan Pengumpulan Informasi berupa pengumpulan nama peserta untuk mendapatkan pelayanan mobil unit dari PMI, Perencanaan dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan biaya 4,5 juta rupiah dan bertujuan mendapatkan citra positif dari publik sasaran yaitu para pembaca surat kabar Pikiran Rakyat dengan sumber daya manusianya yaitu KDD PT Pikiran Rakyat, Komunikasi penggunakan surat kabar dan radio sebagai media utama penyampai pesan dan spanduk sebagai media pendukung dengan bentuk pesan informatif, perusasif dan himbauan, Evaluasi tidak ada kegiatan khusus yang dilakukan untuk mengevaluasi kegiatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi Humas dengan menggunakan tahapan Pengumpulan informasi, Perencanaan, Komunikasi, dan Evaluasi tersusun dengan baik, berjalan lancar sehingga tujuan untuk mempertahankan citra perusahaan tercapai. Saran pada perusahaan mengadakan rapat internal untuk evaluasi, pembuatan banner, struktur kepanitiaan KDD dan konsistensi waktu & tempat pelaksanaan. Untuk peneliti selanjutnya komunikasi dengan perusahaan atau instansi tetap dijaga juga aktif mem-follow up setiap kabar yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas, PT Pikiran Rakyat, Citra, Pengumpulan Informasi, Perencanaan. Komunikasi, Evaluasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51650

Actions (login required)

View Item View Item