Putri Wulandari, Aditya (2017) Pola Komunikasi Pimpinan Departemen Komunikasi Koporat PT PINDAD (Persero). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan mengenai Pola Komunikasi Pimpinan Departemen Komunikasi Korporat PT Pindad dalam meningkatkan kinerja karyawan. Untuk menjawab pola komunikasi tersebut peneliti menggunakan tiga subfokus yaitu proses komunikasi, hambatan komunikasi dan arus pesan. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Metode Deskriptif. Informan adalah pimpinan Departemen Komunikasi Korporat dan wakil pimpinan Departemen Komunikasi Korporat, serta tiga karyawan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non partisipan, literatur, internet searching dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa pimpinan Departemen Komunikasi Korporat melakukan Proses komunikasi berupa kegiatan apel pagi, metode coaching dan monitoring kinerja karyawan melalui aplikasi chatting Whats App. Hambatan komunikasi berupa perbedaan pemahaman, perbedaan persepsi, hambatan sosiopsikologis dan adanya beberapa karyawan yang tidak memiliki aplikasi Whats App. Arus pesan yang terjadi adalah komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah dan komunikasi horizontal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa proses Komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan Departemen Komunikasi Korporat melalui tiga cara yaitu kegiatan apel pagi, metode coaching dan monitoring kinerja karyawan melalui aplikasi chatting Whats App. Hambatan berupa hambatan semantik, hambatan sosiopsikologis dan hambatan mekanis. Arus pesan terdiri dari komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah dan komunikasi horizontal. Pola komunikasi yang dilakukan adalah pola komunikasi linear dan pola komunikasi sirkular dan terlihat adanya feedback yang diberikan oleh karyawan. Saran penelitian ini untuk pimpinan Departemen Komunikasi Korporat agar mengoptimalkan pesan yang disampaikan agar penyampaian pesan kepada karyawan menjadi lebih tepat sasaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Kinerja Karyawan, Proses Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Arus Pesan |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 02:58 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 02:58 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51669 |
Actions (login required)
View Item |