Strategi Komunikasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung Dalam Mempertahankan Loyalitas Pendonor Darah

Eliza, Meutia (2017) Strategi Komunikasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung Dalam Mempertahankan Loyalitas Pendonor Darah. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji Strategi Komunikasi Palang Merah Indonesia Kota Bandung Dalam Mempertahankan Loyalitas Pendonor Darah. untuk menjawab strategi komunikasi tersebut peneliti menggunakan lima subfokus yaitu perencanaan, kegiatan, tujuan, pesan, dan media. Pendekatan dari penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Informan dari penelitian ini adalah staff dari divisi rekrutmen dan pelestarian donor serta tiga pendonor darah yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sebagian besar data dikumpulkan melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam, literature, dokumentasi, internet searching dan didukung oleh studi pustaka. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan yang dibuat oleh Palang Merah Indonesia meliputi budgeting dan pemilihan program. Kegiatan yang dilakukan meliputi Jalan sehat, Pertemuan KDD, Penganugrahan tanda kehormatan. Tujuan dari kegiatn ini adalah untuk mempertahankan loyalitas pendonor darah. Bentuk pesan yang digunakan adalah persuasif dan informatif. Media yang digunakan meliputi poster, pamflet, baliho, dan juga majalah PMI Kota Bandung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Strategi Komunikasi Palang Merah Indonesia Kota Bandung Dalam Mempertahankan Loyalitas Pendonor Darah sudah berjalan dengan baik walaupun belum maksimal dalam penggunaan media. Saran penelitian ini untuk Palang Merah Indonesia agar lebih memperhatikan media yang digunakan, akan lebih baik jika media yang digunakan diperbanyak dengan menggunakan media radio dan TV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Palang Merah Indonesia, PMI, Loyalitas, Reward.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51684

Actions (login required)

View Item View Item