Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Puskemas Cijedil Berbasis Web

Sutomo, Herri (2017) Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Puskemas Cijedil Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Puskesmas Cijedil merupakan suatu instansi yang bergerak dibidang jasa pelayanan kesehatan masyarakat dan merupakan salah satu tempat pusat berobat yang melayani dibeberapa desa yang ada disekitar puskesmas tersebut. Namun pada Puskesmas Cijedil sistem yang terjadi seperti pencatatan pendaftaran pasien, hasil pemeriksaan pasien dan transaksi pembayaran pasien masih ditulis tangan dan disimpan dalam buku besar.Sehingga Puskesmas Cijedil ini sangat membutuhkan sebuah sistem untuk petugas loket pendaftaran pasien dan kasir pembayaran pasien dalam pengelolahan transaksi pelayanan kesehatan, serta pengelohan data pasien di Puskesmas Cijedil. Jadi dengan adanya penelitian ini diharapkan penulis bisa membuat sebuah Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan masyarakat yang akan membantu meningkatkan kinerja dari petugas Puskesmas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode terstruktur dan metode pekembangan waterfall. Metode Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Alat perancangan sistem yang digunakan untuk menggambarkan model sistem diantaranya Flowmap, Data flow diagram, Diagram konteks, Kamus data, Perancangan basis data (normalisasi dan tabel relasi). Bagi Puskesmas Cijedil diharapkan dapat memberikan alternative dan solusi untuk meningkatkan kinerja,baik dalam pengelolahan data pasien dan laporan sehingga dengan adanya Sistem Informasi ini dapat membantu meningkatkan keefektifitasan dalam pengelolahan data serta membantu meningkatkan pelayanan kesehatan pada Puskesmas Cijedil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Puskesmas Cijedil, Sistem Informasi, Pelayanan Kesehatan, Metode Terstruktur, Metode Perkembangan Waterfall.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52101

Actions (login required)

View Item View Item