Suryaman, Taufik (2017) Aplikasi Lesson Note Berbasis Mobile. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Lesson Note adalah suatu aplikasi yang menyimpan catatan-catatan perencanaan materi pembelajaran yang dibuat oleh pengajar. Perencanaan materi pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan hasil berpikir secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu. Harapan perencanaan pembelajaran tersebut yakni perubahan perilaku yang meliputi rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan pencapaian tujuan dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber belajar yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah suatu media yang menfasilitasi pengajar untuk menyimpan catatan perencanaan materi dan berbagi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan metode pengembangan prototype yang meliputi mendengarkan kebutuhan, membangun dan memperbaiki prototype, serta pengujian prototype. Adapun alat bantu pemodelan menggunakan UML yang meliputi use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, object diagram, serta deployment diagram. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Lesson Note berbasis mobile yang dapat menfasilitasi pengajar, moderator, dan fasilitator untuk saling berinteraksi. Interaksi tersebut meliputi penyimpanan materi, diskusi dan evaluasi materi. Hasil dari evaluasi ini dapat dijadikan bahan untuk merancang rencana pembelajaran kedepannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Plan, Prototype, Lesson Note, Mobile |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1) |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 03:34 |
Last Modified: | 10 Nov 2017 03:34 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54473 |
Actions (login required)
View Item |