Sahata Sitanggang, Andri and Puspita Dhaniawaty, Rani (2017) Perancangan Proses Scout Learning Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Pramuka Berbasis Multimedia. In: prosiding saintiks 2017, 2017, Unikom Bandung.
|
Text
vi-3-andri-sahata-sitanggang-perancangan-proses-scout-learning.pdf Download (362kB) | Preview |
Abstract
Ilmu kepramukaan harus sejak dini ditanamkan khususnya kalangan Sekolah Dasar. Dengan adanya kegiatan kepramukaan maka rasa nasionalisme terhadap bangsanya akan tetap terjaga, menjaga rasa cinta tanah air, serta menjunjung tinggi Pancasila, Tetapi untuk mempelajari kepramukaan itu sendiri masih menggunakan metode pembelajaran secara manual dan masih sangat lambat, diantaranya melalui buku pramuka dan harus didampingi oleh pembina untuk menggunakan alat-alat kegiatan pramuka,. Sedangkan pembina hanya ada pada saat kegiatan pramuka berlangsung saja. Sementara penyampaian materi harus dilakukan berulang-ulang, dengan menggunakan isi bukunya yang monoton (hitam putih dan gambar diam). Hal tersebut yang menyebabkan menjadi satu permasalahan bagi generasi muda Indonesia Dengan adanya sistem pembelajaran ini mampu meningkatkan kemampuan pengetahuan tentang pramuka dan keaktifan siswa SD untuk mengikuti kegiatan kepramukaan yang kini sudah banyak ditinggalkan oleh siswa-siswi SD, dikarenakan banyak kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang lebih menarik. Sistem yang dibuat akan dikemas sangat menarik dan dapat menstimulus para siswa untuk mengembangkan bakat-bakat mereka dalam ilmu kepramukaan yang mereka dapat dengan menggunakan materi kepramukaaan dengan menonjolkan objek gambar, suara, animasi yang menarik dan interaktif. Rancangan Sistem Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan metode pendekatan terstruktur ini kedepannya akan dapat mendukung dengan diterapkannya kedalam mobile, sehingga banyak memberikan kemudahan dan mamfaat dalam penyampaian isi materi yang ingin dipelajari, dan bersifat open source sehingga para siswa-siswi dapat lebih mengembangkan sistem ini menjadi lebih baik. Dan adanya rasa dorongan kepada siswa- siswi untuk berlomba-lomba untuk memberikan ide yang baik dalam menciptakan sistem yang jauh lebih baik lagi Metode penelitian sistem yang digunakan adalah model deskriftif dibantu dengan model pengembangan sistem menggunakan model prototype.Karena model ini lebih memperhatikan kebutuhan sistem pemakai, secara keseluruhan akan mengacu kepada kepuasan user.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Prosiding |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 15:26 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 15:26 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54624 |
Actions (login required)
View Item |