Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada CV. Dharrul

Dirga Pratama, Aldy (2018) Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada CV. Dharrul. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Dharrul merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha pelayanan barang dan jasa. Barang dan jasa yang ditawarkan oleh CV. Dharrul berupa penyewaan peralatan pesta, penataan dekorasi, Catering, penataan taman, dokumentasi dan sound system. CV. Dharrul sudah berdiri sejak tahun 1996 hingga saat ini, CV. Dharrul memiliki karyawan sebanyak 81 orang. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Lilis Emawati selaku Manajer Umum, terdapat masalah dalam menentukkan kriteria calon karyawan berdasarkan kebutuhan perusahaan. Selain itu, kesulitan juga terjadi pada proses pengambilan keputusan karyawan yang akan mendapatkan promosi jabatan, bonus dan pemberhentian kerja. Kesulitan tersebut disebabkan oleh evaluasi kerja dilakukan hanya berdasarkan persepsi juga kebijakan pribadi atasan yang tidak jelas. Selain itu, tidak adanya monitoring pengambilan cuti dan pensiun menyebabkan Manajer Umum kesulitan dalam memutuskan menerima / menolak izin cuti dan mengetahui karyawan yang seharusnya sudah pensiun. Adapun model SIM yang digunakan adalah model POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Pengangakatan calon karyawan dengan mengikuti SOP perusahaan dan untuk pengambilan keputusan evaluasi karyawan menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Berdasarkan hasil pengujian Blackbox dan Beta pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sistem ini cukup membantu perusahaan dalam mengambil keputusan penerimaan calon karyawan, promosi jabatan, pemberian bonus dan pemberhentian kerja karyawan melalui evaluasi kinerja, serta keputusan izin cuti dan monitoring pensiun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Metode AHP, Model POAC, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Pendukung Keputusan.
Subjects: ?? UNIK1502 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58524

Actions (login required)

View Item View Item