PERANCANGAN WEBSITE TABLOID OLAHRAGA OTOSPORT

Diliantoro, Agus (2005) PERANCANGAN WEBSITE TABLOID OLAHRAGA OTOSPORT. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Menyampaikan suatu pesan dari sumbernya (source) agar dapat diterima dengan mudah dan cepat oleh komunikan atau penerima pesan (receiver) tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak rintangan dan kendala sampainya suatu pesan dari komunikator kepada pihak yang dituju, apabila pesan tersebut tidak dikemas secara baik. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya kompetitor atau saingan-saingan sejenis dalam menyampaikan pesan tersebut. Persaingan usaha media massa agar tetap eksis pada saat sekarang ini sangatlah ketat. Media massa baik itu media massa cetak maupun media massa elektronik, dituntut berkompetisi dalam persaingan usaha yang segala sesuatunya semakin bersifat global ini. Media massa - media massa tersebut sekarang ini mau tidak mau harus mampu bersaing. Persaingan tidak hanya dengan sesama media massa nasional tapi juga dengan berbagai media massa yang berskala internasional. Telah banyak media massa asing yang berusaha untuk masuk dan ikut bersaing mendapatkan perhatian dari khalayak nasional. Informasi menjadi semakin mudah untuk diakses dimana dan kapan pun kita berada sekarang ini. Ditambah lagi berkembangnya teknologi informasi dengan semakin luasnya penyebaran jaringan internet di seluruh penjuru dunia, sehingga memungkinkan berbagai aktivitas dapat dilakukan secara on-line. Oleh karena itu apabila kita tidak selektif dalam menerima dan merespon gencarnya informasi yang masuk dan berdatangan dari segala penjuru dunia tersebut, tentunya kita akan direpotkan dengan dampak negatif dari informasi itu sendiri. Maka kita pun harus pandai memilah-milah antara informasi yang benar dan bermanfaat dengan informasi yang menyesatkan. Agar dapat tetap bertahan dalam persaingan memperebutkan atensi dari masyarakat tentunya tidaklah mudah. Media massa khususnya media massa cetak masing-masing harus memiliki sesuatu yang lain, yang dapat dijadikan nilai tambah dan daya tarik untuk membedakannya dengan para kompetitornya. Dengan memiliki kekhasan tersendiri tersebut menjadikannya sesuatu yang baru. Peranan desain dalam menjadikan media massa cetak tersebut lain daripada yang lain sangatlah penting. Dikarenakan media cetak tentunya sangat mengutamakan tampilan grafisnya. Tampilan gambar dan tulisan/teks menjadi hal yang bisa menjadi daya tarik apabila dirancang dengan desain yang tepat dan memikat. Media massa cetak (printed) terdiri dari beragam jenis yaitu diantaranya koran, majalah dan tabloid. Tabloid adalah salah satu jenis media cetak yang saat ini menjadi populer, dikarenakan oleh kelebihan-kelebihan dan kepraktisan yang dimiliki olehnya. Diantaranya yaitu karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan koran sehingga tidak merepotkan pada saat membacanya, dan juga dengan tampilan tabloid yang biasanya lebih berwarna dan banyak gambarnya. Tabloid cenderung bersegmentasi untuk mengkhususkan diri memilih salah satu tema bahasan. Contohnya tabloid olahraga Otosport yang lebih mengkhususkan diri dalam pemuatan berita dan informasi seputar olahraga balap otomotif (otosport). Media massa yang berlainan jenis dapat saling menguntungkan apabila saling mendukung keberadaan satu dan lainnya. Contohnya media elektronik bisa dipakai sebagai ajang promosi bagi peningkatan oplah/tiras penjualan media cetak. Sejalan dengan kian pesatnya perkembangan teknologi informasi, tabloid olahraga Otosport juga mulai melirik internet sebagai media alternatif untuk memperluas distribusi informasinya. Internet merupakan sebuah media penyampai informasi yang menggunakan sistem jaringan global. Dengan menggunakan sistem ini, tabloid olahraga Otosport berusaha untuk semakin memperluas distribusi informasinya keseluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, dan kepada para pecinta olahraga balap otomotif pada khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D3 Tugas Akhir > Desain Komunikasi Visual > Desain Grafish > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item