PROMOSI RADIO OZ 103.1 FM MELALUI DESAIN TAMPILAN STRIPPING OB VAN

Hasanuddin (2005) PROMOSI RADIO OZ 103.1 FM MELALUI DESAIN TAMPILAN STRIPPING OB VAN. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dunia penyiaran, dalam hal ini radio siaran, berkembang pesat seiring dengan tingkat peradaban manusia dan kemajuan teknologi komunikasi. Radio siaran memiliki peran strategis sebagai penyalur informasi dan pembentuk pendapat umum. Hal ini dimungkinkan karena adanya kemampuan dari radio untuk masuk dan diterima di tiap-tiap segmentasi dan kelas dalam masyarakat. Dalam kajian literatur penyiaran oleh Chester, Garrison, dan Willis (Television and Radio, 1971), disebutkan penyiaran sebagai pancaran melalui ruang angkasa oleh sumber frekwensi dengan sinyal yang mampu diterima di telinga, atau didengar dan dilihat oleh publik. Sedangkan oleh Sullivan, Hartley, Saunders, montgomery, dan Fiske (Key Concept in Communication and Cultural Studies) disebutkan bahwa penyiaran adalah pengiriman pesan melalui media televisi dan radio dengan tidak dikontrol secara teknik oleh penerima. Sebagai alat komunikasi massa, radio memiliki peranan penting dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan definisi komunikasi massa yang merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal jauh (terpencar), sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu. Kota Bandung adalah sebuah kawasan kota padat radio. Tapi tak banyak yang mengetahui bahwa kota Bandung adalah kota dengan tingkat populasi radio tertinggi di Indonesia. Jumlah radio yang terdaftar berbanding sama dengan jumlah radio yang ada di propinsi DKI Jakarta yang secara notabene memiliki lingkup wilayah administrasi yang lebih luas. Radio yang bekerja di gelombang FM saja mencapai kurang lebih 64 stasiun, jumlah yang jauh lebih besar ketimbang Surabaya dengan jumlah radio swasta sekitar 50 dan Jakarta dengan 38 stasiun radio (Sumber : PRSSNI Jabar). Hal ini menciptakan iklim persaingan radio swasta di Bandung jauh lebih tinggi dibandingkan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Bandung sebagai ibukota Propinsi Jawa Barat mencakup wilayah kota dan kabupaten Bandung seluas 3.019,76 Km2. Selain sarat dengan kreatifitas dan dinamika, orang-orang juga mengenal dan menjulukinya surga bagi siapa saja yang memiliki kegemaran akan berbagai jenis makanan dan berbelanja. Wilayah yang dicanangkan sebagai Kota Perdagangan dan Jasa ini, dikenal berpenduduk yang memiliki daya beli sangat tinggi, konsumtif dan pesolek. Dilayani oleh 38 radio yang terdaftar dan menjadi anggota PRSSNI, BPS mencatat lebih dari 70 persen masyarakatnya mendengarkan radio. Sebelum adanya ketentuan dari pihak Poltabes Bandung mengenai pemulihan ketertiban di sepanjang Jl. Ir. H. Djuanda, tingginya tingkat apresiasi masyarakat Bandung terhadap keberadaan radio-radio siaran swasta di Bandung secara sekilas dapat kita tangkap setiap malam minggu di berbagai kawasan seputar utara kota seperti Dago (Jl. Merdeka, Jl. Ir. H. Djuanda), Cihampelas (Ciwalk, Champelas atas), Gasibu (Gedung Sate, Monumen), dan beberapa penjuru kota lainnya. Tidak dapat disangkal dan kita pungkiri, radio-radio yang membuka stan di kawasan tersebut senantiasa ramai disinggahi oleh para remaja dan kawula muda Bandung. Baik yang hanya sekedar singgah maupun yang secara interaktif turut terlibat dalam kegiatan-kegiatan off air yang diselenggarakan radio-radio tersebut. Hal ini menjadi fenomena yang tidak kita temukan di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Sebagaimana disampaikan di atas, tingginya tingkat persaingan radio swasta di kota bandung menuntut adanya kreatifitas dan strategi pasar yang tepat dari para pelaku di dunia ini. Selain metode-metode promosi yang sifatnya konvensional, dibutuhkan pula berbagai upaya untuk dapat lebih memenangkan persaingan dunia siaran radio swasta di kota Bandung dan juga untuk lebih menguatkan citra mereka di hati para pendengar setia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D3 Tugas Akhir > Desain Komunikasi Visual > Desain Grafish > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6753

Actions (login required)

View Item View Item