IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI

Dewi Anggadini, Sri and Damayanti, Sari and Suryanagara, Gagan and Sukmawati, Ira and Fahrana, Egi and Fitriyanti, Dini (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI. JURNAL RISET AKUNTANSI, 15 (2). ISSN 20860447, 26555484

[img] Text
59. Turnitin - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI - 231023.pdf

Download (2MB)
[img] Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI.pdf

Download (600kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari pembelajaran Project Based Learning (PBL) mata kuliah praktikum akuntansi dalam upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan akuntansi. Pembelajaran di perguruan tinggi merupakan interaksi antara dosen dan mahasiswa yang didukung oleh berbagai unsur seperti tujuan, materi pelajaran, sarana prasarana, lingkungan belajar, metode pembelajaran, dan evaluasi. Semua unsur tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu mata kuliah yang penting adalah Praktikum Akuntansi, dimana penggunaan model pembelajaran yang tepat akan sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Metode konvensional yang hanya berfokus pada materi dari dosen ke mahasiswa sekarang dianggap kurang efektif. Diperlukan metode pembelajaran yang lebih aktif, salah satunya adalah metode Project Based Learning. Kurikulum perguruan tinggi di Indonesia sebaiknya diarahkan pada Case Project Based Learning, dimana mahasiswa belajar melalui analisis kasus dan solusi masalah. Hal ini akan memperoleh keterampilan sebagai project-solver yang handal dan mempersiapkan mereka dengan lebih baik dalam memasuki dunia kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada prodi Akuntansi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari skala likert. Pendekatan yang membantu dalam mempelajari praktik akuntansi kebanyakan responden setuju bahwa PBL membantu mereka dalam mempelajari praktik akuntansi, dan tidak ada responden yang menganggap program ini kurang bermanfaat. Kata kunci: Project Based Learning (PBL), praktikum akuntansi, pemahaman akuntansi, pengetahuan akuntansi.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak
Divisions: Universitas Komputer Indonesia
Depositing User: Muhamad Heru Nuralam
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:24
Last Modified: 23 Oct 2023 03:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/70412

Actions (login required)

View Item View Item