Solihin, Olih and Fachrul Nurhadi, Zikri and Dahlia Yosepha Mogot, Yuni and Sovianti, Rina (2022) DAMPAK SEX ROLES STEREOTYPES DAN GENDER STEREOTYPING DALAM RELASI GENDER KELUARGA. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 8 (1). pp. 821-831. ISSN 24610836, 2580538X
![]() |
Text
DAMPAK SEX ROLES STEREOTYPES DAN GENDER STEREOTYPING DALAM RELASI GENDER KELUARGA.pdf Download (759kB) |
![]() |
Text
TurnitinEOTYPES_DAN_GENDER_STEREOTYPING_DALAM_RELASI_GENDER_KELUARGA.pdf Download (467kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak stereotip peran seks dan stereotip gender dalam relasi gender pada keluarga generasi X, Y, Z dan Boomer dalam perspektif teori alam, budaya, dan agama terhadap upaya mewujudkan pengarusutamaan gender (PUG). ). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi pustaka sebagai sumber utama data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kaitannya dengan teori fitrah, budaya dan pandangan agama Islam mengenai gender, Generasi Y dan Z yang lahir di era teknologi informasi dan komunikasi, memiliki karakter yang menyerupai karakter teknologi itu sendiri, generasi ini menyukai kesederhanaan. aturan hidup, lebih terbuka dan transparan. Sementara itu, Generasi X dan generasi boomer lebih kaku dari generasi-generasi berikutnya. Dalam generasi relasi gender dalam keluarga, laki-laki masih sangat dominan dalam memainkan peran penting dalam pembagian peran strategis terutama dalam bidang pendidikan dan pekerjaan. Kesimpulannya, generasi Y dan Z tidak mengalami masalah dalam relasi gender, sedangkan Generasi X dan generasi boomer masih memiliki masalah. Kata-kata kunci: Gender; keluarga; peran seks; relasi gender; stereotip.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Jurnal Tercetak |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia |
Depositing User: | Muhamad Heru Nuralam |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 02:22 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 02:22 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/70813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |