THE ROLE OF AJENGAN IN PESANTREN'S LEARNING SYSTEM

Solihin, Olih and MAMAT HKIKMAT, MAHI and IRFAN DANIEL, YUDI and ZAKKI ABDULLAH, AHMAD (2024) THE ROLE OF AJENGAN IN PESANTREN'S LEARNING SYSTEM. Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 21 (1). pp. 39-51. ISSN 02165937, 26544598

[img] Text
THE ROLE OF AJENGAN IN PESANTREN'S LEARNING SYSTEM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin_THE_ROLE_OF_AJENGAN_IN_PESANTREN_S_LEARNING_SYSTEM.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pembelajaran di pondok pesantren dari perspektif teori sumber kepercayaan dalam membangun otoritas Ajengan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada Pondok Pesantren Sirojul Huda di Kabupaten Bandung. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis konten literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mendalam Ajengan tentang ilmu agama, keahlian dalam menyampaikan pelajaran agama, wibawa, dan sikap sopan santun dalam berkomunikasi memengaruhi persepsi santri terhadap kredibilitas Ajengan sebagai komunikator otoritatif. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya memperkuat otoritas Ajengan melalui pengembangan sistem pembelajaran yang mengedepankan sumber kepercayaan, komunikasi interpersonal, dan memperhatikan persepsi santri sebagai peserta didik. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa teori sumber kepercayaan berperan penting dalam membangun otoritas Ajengan dalam sistem pembelajaran di pondok pesantren. Kata kunci: sistem pembelajaran, pondok pesantren, teori sumber kepercayaan, otoritas Ajengan, persepsi santri.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak
Divisions: Universitas Komputer Indonesia
Depositing User: Muhamad Heru Nuralam
Date Deposited: 28 Feb 2025 03:44
Last Modified: 28 Feb 2025 03:44
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/70828

Actions (login required)

View Item View Item